-->

CARA KENCANGKAN KONEKTOR MANIFOLD YANG BENAR


Manifold Gauge atau ada yang menyebutnya analizer adalah peralatan servis bidang pendingin yang berfungsi sebagai pengukur tekanan sistem pendingin. Kita juga dapat menentukan suhu refrigeran di dalam sistem dengan Membaca Suhu Dengan Manifold Gauge. Jenis manifold gauge/analizer ini ada beberapa macam, tetapi mempunyai fungsi yang sama.

Dalam pemasangan antara manifold gauge/analizer dengan sistem pendingin dihubungkan dengan selang. Untuk manifold gauge ganda terdapat tiga buah selang dengan warna BIRU, KUNING, dan MERAH. Pada kedua ujung selang tersebut terdapat konektor yang digunakan untuk menghubungkan selang dengan manifold gauge, pompa vakum, tabung refrigeran, atau dengan service valve. Kedua konektor tersebut mempunyai bentuk yang berbeda. Ujung yang satu konektornya berbentuk lurus dan ujung lainnya berbentuk bengkok.

Beda dua ujung konektor manifold gauge analizer


Cara memasang konektor selang manifold ini cukup mudah, hanya dengan memutar ulir konektor. Untuk memasang konektor yang terhubung dengan manifold gauge/analizer yaitu konektor yang lurus, dapat dikencangkan menggunakan tang. Cara ini bertujuan agar manifold dengan selang terhubung dengan kuat karena memang konektor ini jarang dilepas.

Seal konektor manifold gauge analizer

Hal yang berbeda bila memasang konektor yang terhubung dengan pompa vakum, tabung refrigerant, atau service valve. Konektor ini sebisa mungkin jangan dikencangkan dengan menggunakan peralatan tang tetapi hanya menggunakan tangan saja. Hal ini bertujuan agar karet seal yang terdapat di dalam konektor tidak cepat rusak. Selain itu jika dikencangkan menggunakan tang nanti akan sulit untuk melepasnya.

Walaupun tidak menggunakan tang untuk mengencangkan konektor tersebut, tetapi kita bisa mengencangkan dengan cukup kuat hanya menggunakan tangan saja. Sebagai contoh ini cara pemasangan konektor manifold gauge/analizer pada pompa vakum. Cara mengencangkannya sebagai berikut:
1.       Hubungkan konektor selang dengan konektor pada pompa vakum. Langkah ini cukup mudah tetapi harus berhati-hati jangan sampai drat selip karena akan berakibat fatal.
2.       Setelah cukup kuat kemudian kita kuatkan lagi. Inilah yang penting. Perhatikan dengan baik.
3.       Tangan kanan memegang konektor yang dapat berputar dan tangan kiri memegang konektor yang terhubung dengan selang.

Cara Mengencangkan Konektor Manifold Gauge Analizer

4.       Secara bersamaan, kedua tangan mengencangkan dengan memutar ke arah yang sama (kekanan).
5.       Jika merasa belum cukup kencang, putar kembali konektor yang terhubung dengan selang ke arah kiri  dengan tangan kiri tetapi konektor satunya lagi harus ditahan dengan tangan kanan agar tidak ikut berputar.

Cara Mengencangkan Konektor Manifold Gauge Analizer

6.       Putar kembali kedua konektor secara bersamaan ke arah kanan (seperti langkah ke-4) untuk mendapatkan hubungan yang lebih kuat lagi.

Untuk melepaskannya dilakukan dengan cara yang sama tetapi dengan arah yang berbeda (kearah kiri). Tangan kanan dan tangan kiri diputar secara bersamaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel