-->

HELM/PELINDUNG KEPALA, FUNGSI, WARNA, MACAM, PENGGUNAAN


Pelindung kepala digunakan untuk melindungi kepala dari benturan, kejatuhan benda, tersengat listrik pada bagian kepala, terpukul benda keras, percikan bunga api/bahan kimia/mikroorganisme, dan juga melindungi kepala dari paparan radiasi ultraviolet. Jenis pelindung kepala ini ada beberapa macam antara lain:

1.  Helm Pengaman (Safety Helmet)
Helm pengaman atau helm proyek ini mempunyai beberapa bentuk dan digunakan untuk beberapa kegiatan antara lain. Helm proyek ini banyak digunakan pada kegiatan proyek pembangunan. Helm ini ada beberapa warna setiap warna digunakan oleh orang yang berbeda statusnya atau jabatan dalam suatu kegiatan.


Helm Proyek Warna Putih




Helm proyek warna putih, fungsi, kegunaan, macam

Helm proyek dengan warna putih jarang dipakai pada pekerja proyek dan memang ini tidak dipakai oleh sembarangan orang. Helm proyek warna putih hanya digunakan oleh para pejabat dalam suatu kegiatan proyek seperti pengawas, mandor, atau insinyur.

Helm Proyek Warna Biru
Helm proyek warna biru, fungsi, kegunaan, macam

Helm proyek warna biru digunakan oleh pejabat dengan kedudukan di bawah orang yang menggunakan helm warna putih. Helm proyek warna biru juga digunakan oleh pekerja teknis tertentu seperti untuk maintenance peralatan berat atau peralatan listrik khusus.

Helm Proyek Warna Hijau

Helm proyek warna hijau, fungsi, kegunaan, macam

Helm proyek warna hijau digunakan oleh para pekerja proyek yang biasanya mempunyai tugas sebagai pengawas bagian lingkungan atau AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Helm Proyek Warna Merah

Helm proyek warna merah, fungsi, kegunaan, macam

Helm proyek warna merah ini digunakan oleh pekerja yang bertugas sebagai petugas keamanan keselamatan kerja. Helm proyek warna merah ini juga digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.

Helm Proyek Warna Kuning

Helm proyek warna kuning, fungsi, kegunaan, macam

Helm proyek warna kuning ini banyak dipakai oleh pekerja pada kegiatan proyek. Dan memang helm warna kuning ini diperuntukkan oleh para pekerja umum atau operator mesin.

2.  Helm Pengendara

Helm berkendaraan, fungsi, kegunaan, macam

Helm ini digunakan oleh para pengendara kendaraan di jalan. Helm ini didesain dengan tambahan lapisan styrofoam agar kepala terhindar dari efek benturan yang keras. Yang paling umum digunakan oleh pengendara sepeda motor. Padahal helm ini juga digunakan oleh para pengendara mobil juga. Seperti halnya pada mobil yang tidak terdapat penutup bagian atasnya, mobil pada kegiatan off road, atau juga pengendara mobil pada kegiatan balap.Helm pengendara ini secara umum terdapat dua jenis yaitu jenis Half Face dan Full Face.

3.  Topi Keselamatan Kerja

Topi keselamatan kerja

Topi keselamatan kerja bentuknya sama seperti topi pada umumnya tetapi ada tambahan bagian yang berfungsi untuk melindungi kepala. Topi ini dibuat dengan bahan yang tahan terhadap air dan juga tidak mudah terbakar. Topi keselamatan kerja diberi tambahan pada bagian dalamnya yang dapat melindungi kepala dari benturan atau sengatan listrik. Untuk melindungi kepada dari benturan, topi memang kurang baik dibandingkan dengan helm. Tetapi penggunaan topi keselamatan dirasakan lebih praktis dalam pemakaiannya.

4.  Penutup Kepala Plastik/Kain

Penutup kepala plastik, kain, medis, masak kue

Penutup kepala yang terbuat dari plastik atau kain ini digunakan oleh pekerja medis, pekerja rumah makan, atau pembuat roti/kue. Penutup kepala plastik/kain ini berfungsi sebagai pelindung dari kontaminasi benda asing dan juga untuk menjaga agar rambut yang rontok agar tidak jatuh ke media kerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel