-->

SAKLAR KONTROL CAM STARTER OTOMATIS AIR RADAR


Penggunaan sistem otomatisasi pada tampunngan/tandon air sangat membantu kita agar tidak repot menghidupkan dan mematikan pompa air. Pompa air akan hidup dengan sendirinya pada saat permukaan air pada tampungan/tandon sedikit dan pompa air akan mati sendiri jika permukaan air pada tampungan/tandon sudah tinggi.


Tetapi pada saat tertentu mungkin kita perlu mematikan atau menghidupkan pompa air secara manual. Pada artikel ini akan membahas tetang pemasangan otomatis RADAR yang dilengkapi dengan saklar (Cam Starter) untuk menghidupkan dan mematikan secara manual sebagai tambahan pada artikel sebelumnya tentang Pemasangan Otomatis Air Radar.

Pemasangan saklar manual ini berfungsi hanya pada saat tertentu saja antara lain:

Tampungan/tandon air akan dikuras
Dengan demikian maka pompa air harus dimatikan agar air tidak terisi sehingga dapat dikuras. Jika masih menggunakan otomatis RADAR, maka air pada tampungan tidak akan pernah habis dan proses pengurasan air tidak akan bisa dilaksanakan.

Pada saat musim kemarau
Jika Anda tinggal di daerah yang susah mendapatkan air pada  musim kemarau karena permukaan air sumur tinggal sedikit, maka sangat tidak mungkin untuk menggunakan otomatis RADAR. Tampungan air pada sumur sangat berkurang sehingga jika pompa air hidup untuk beberapa saat saja maka air akan habis.

Rangkaian pemasangan otomatis RADAR yang dilengkapi dengan saklar kontrol (Cam Starter) ini mempunyai tiga keadaan yaitu:
1.  AUTO. Jika posisi saklar diposisikan pada auto, maka sistem pompa air akan berjalan dengan menggunakan otomatis RADAR. Pompa air akan hidup dan mati dengan sendirinya sesuai dengan ketinggian permukaan air pada tampungan/tandon.
2.  OFF. Pada posisi off ini, pompa air akan mati walaupun permukaan air pada tampungan/tandon sudah sangat rendah (habis).
3.  ON. Pada posisi on ini, pompa air akan hidup walaupun permukaan air pada tampungan/tandon sudah tinggi (penuh).

Jadi tidak perlu kawatir jika otomatis air RADAR tidak berfungsi jika ditambahkan dengan saklar kontrol. Otomatis air RADAR masih bisa berfungsi dengan baik pada saat saklar diposisikan AUTO.

Instalasi otomatis air Radar dengan saklar kontrol Cam Starter

Rangkaian ini merupakan modifikasi dari artikel sebelumnya. Untuk instalasinya usahakan menggunakan kabel dengan diameter yang cukup yaitu dengan diameter 1,5mm atau lebih. Perhatikan tiap sambungan agar disambung dengan kuat dan diberi isolasi yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel