-->

SARUNG TANGAN, Fungsi, Jenis, Kegunaan, Macam


Sarung tangan merupakan salah satu APD (Alat Pelindung Diri) yang berguna untuk melindungi tangan dari potensi bahaya pada saat melakukan kegiatan tertentu. Potensi bahaya ini dapat berupa panas, bahan kimia, goresan benda tajam, infeksi kuman, arus listrik, atau juga getaran mesin.

Fungsi sarung tangan yang bermacam tersebut disesuai dengan jenis sarung tangan yang digunakan. Karena tidak mungkin satu sarung tangan dapat digunakan untuk berbagai keperluan/kegiatan yang dilakukan. Berikut beberapa jenis sarung tangan yang biasa digunakan dengan bahan pembuatnya yang berbeda.


Sarung Tangan Kain
Sarung tangan yang terbuat dari kain secara umum digunakan untuk melindungi tangan dari benda atau permukaan yang tajam. Sarung tangan jenis kain juga bisa digunakan untuk pelindung suhu yang tinggi walaupun tidak maksimal.

Jenis, fungsi, macam, penggunaan sarung tangan

Sarung tangan kain merupakan sarung tangan yang paling umum digunakan di masyarakat. Sarung tangan kain ada juga yang dilengkapi dengan bintik-bintik karet yang berfungsi untuk mencengkeram benda yang dipegang agar tidak meleset. Sarung tangan kain umumnya pendek dan hanya sampai pergelangan tangan.

Sarung Tangan Kanvas atau Kulit
Sarung tangan yang terbuat dari kanvas atau dari kulit banyak digunakan pada pekerjaan yang cukup beresiko terkena goresan, percikan api, dan juga suhu yang tinggi. Sarung tangan dengan bahan kanvas atau kulit sangat baik untuk menahan panas. Sarung tangan dengan bahan kulit banyak digunakan pada pekerjaan las listrik yang berfungsi juga untuk mengurangi efek radiasi pada saat pengelasan. Sarung tangan kulit juga sangat efektif untuk melindungi tangan dari goresan benda tajam.

Jenis, fungsi, macam, penggunaan sarung tangan

Sarung tangan dari kanvas juga digunakan pada pekerjaan pembuatan roti atau kue. Dengan menggunakan sarung tangan ini dapat dengan mudah mengambil loyang atau benda dari dalam oven yang masih panas. Dalam penggunaannya, sarung tangan dari bahan kanvas atau kulit sangat tidak nyaman karena tidak elastis. Sarung tangan dari kanvas ini umumnya agak panjang untuk melindungi hingga bagian siku.

Sarung Tangan Karet
Sarung tangan dengan bahan karet banyak digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan perlindungan tangan dari arus listrik atau juga cairan. Sarung tangan dari bahan karet merupakan isolator yang baik untuk menghindari potensi bahaya tersengat arus listrik. Sarung tangan karet juga banyak digunakan pada bidang pertanian untuk melindungi tangan dari kotoran yang berupa air kotor atau tanah.

Jenis, fungsi, macam, penggunaan sarung tangan

Jangan menggunakan sarung tangan karet ini pada pekerjaan yang terdapat suhu tinggi karena karet dapat meleleh. Jika digunakan untuk memegang benda yang panas, karet akan meleleh sehingga sarung tangan akan lengket dengan benda yang dipegang.

Sarung Tangan Karet Khusus
Sarung tangan karet dengan bahan karet khusus ini banyak digunakan pada pekerjaan medical atau pekerjaan lain yang membutuhkan keadaan steril. Sarung tangan jenis ini berfungsi untuk melindungi tangan dari bahan kimia, infeksi kuman, atau bahan berbahaya/beracun. Sarung tangan ini sangat elastis karena bahan karetnya tipis tetapi cukup kuat dan rapat.

Jenis, fungsi, macam, penggunaan sarung tangan

Dengan adanya beberapa macam sarung tangan tersebut, kita harus bijak dalam menggunakannya sesuai dengan kondisi pekerjaan yang dilakukan. Jangan salah menggunakan jenis sarung tangan untuk pekerjaan tertentu karena jika salah, bukannya mendapatkan manfaat perlindungan tetapi malah mendapatkan cedera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel