-->

CARA PENGASUTAN MOTOR INDUKSI TEKNIK DAN METODE

 

Pada saat sebuah motor induksi dilakukan start secara langsung, maka arus awal motor tersebut besarnya akan berlipat ganda antara 5 hingga 7 kali lebih besar dari arus nominal. Konsumsi arus yang sangat besar ini akan mengakibatkan penurunan/drop tegangan yang cukup besar pada suply tegangan PLN.

Pada penggunaan motor listrik dengan daya yang kecil sampai dengan 5 kW, arus starting tidak akan berpengaruh besar terhadap penurunan/drop tegangan. Tetapi pada motor induksi dengan daya di atas 30 kW sampai dengan 100 kW akan mengakibatkan drop tegangan yang cukup besar. Hal ini akan berpengaruh terhadap penurunan kualitas listrik sehingga lampu penerangan akan terlihat berkedip atau agak redup pada saat motor induksi starting.

Pengasutan motor induksi merupakan cara menjalankan motor untuk pertama kali. Tujuan adanya pengasutan motor induksi ini adalah agar arus starting tidak terlalu besar sehingga drop tegangan yang terjadi masih dalam batas toleransi. Pengasutan motor induksi dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

1.  Pengasutan Hubungan Lansung (DOL = Direct On Line)

cara pengasutan motor induksi

Pengasutan motor induksi dengan hubungan langsung banyak dikenal dengan istilah DOL (Direct On Line). Pada rangkaian ini, jala-jala tegangan 380V langsung terhubung dengan  motor induksi. Pada saat rangkaian motor induksi di ON kan, motor tersebut akan menggunakan arus untuk starting antara 5 hingga 6 kali arus nominal motor.

2.  Pengasutan Tahanan Depan Stator (Primary Resistor)

cara pengasutan motor induksi

Pengasutan motor induksi dengan resistor stator dilakukan dengan pemasangan resistor pada rangkaian stator. Kerja resistor sebagai penahan arus starting ini hanya sementara. Jika tegangan ke stator diturunkan menjadi 50% dari tegangan normal, maka arus stating juga akan turun 50% dan torsi pada saat starting turun 25%.

3.  Pengasutan Bintang Segitiga

cara pengasutan motor induksi

Pengasutan bintang segitiga adalah salah satu pengasutan motor induksi yang cukup populer. Pengasutan ini dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan saklar atau secara elektrik dengan menggunakan kontaktor. Pada pengasutan bintang segitiga dilakukan dengan merangkai motor induksi pada posisi bintang (tanda Y) pada saat starting, dan rangkaian motor induksi dirangkai pada posisi segitiga (tanda ) pada saat putaran normal.

4.  Pengasutan Soft Starting

cara pengasutan motor induksi

Pengasutan motor induksi dengan metode soft starting dilakukan dengan menggunakan komponen elektronika daya Solid State. Solid state tersebut merupakan rangkaian komponen Thyristor yang berjumlah enam buah dan dirangkai antiparalel. Tegangan listrik yang menuju gulungan stator motor induksi dapat diatur dengan cara mengatur sudut penyalaan triger thyristor.

5.  Pengasutan Motor Slipring

Pengasutan motor induksi dengan teknik motor slipring (rotor lilit) digunakan pada motor induksi yang mempunyai gulungan rotor dan dilengkapi dengan slipring yang dihubungkan dengan sikat arang ke terminal motor induksi. Pengasutan dengan metode slipring ini dirancang pada rangkaian motor induksi dengan daya besar.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel