-->

Fitting Lampu, Jenis, Macam, Kegunaan, Ukuran

 

Dalam meletakkan sebuah lampu, kita harus memastikan bahwa tempat lampu atau dudukan sudah pada posisi yang benar. Untuk memastikan keadaan tersebut, kita harus menggunakan fitting. Fitting lampu adalah sebuah komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai dudukan atau tempat meletakkan lampu. Fitting lampu mempunyai jenis yang beracam-macam, berikut beberapa jenis fitting lampu yang biasa digunakan di Indonesia.

Menurut Jenis Ulir, fitting lampu dibedakan menjadi:

Fitting Bayonet

Fitting bayonet merupakan jenis fitting lampu yang banyak digunakan pada kendaraan. Cara memasangnya yaitu dengan mendorong kemudian memutar lampu hingga posisi terkunci. Fitting bayonet mempunyai beberapa jenis seperti diperlihatkan pada gambar di bawah. 

Size bayonet light fittings

Fitting Edison

Fitting lampu ini mengambil nama dari penemu bola lampu yaitu Thomas Alfa Edison. Fitting Edison sangat banyak dipakai pada instalasi listrik rumah tangga di Indonesia. Fitting Edison berbentuk ulir sehingga cara memasangnya yaitu dengan memutar bola lampu. Fitting Edison mempunyai beberapa jenis seperti diperlihatkan pada gambar di bawah. 

Size edison light fittings

Ukuran diameter akan berbanding lurus dengan daya lampu yang digunakan, yaitu jika diameter fitting kecil, maka daya lampu yang digunakan juga akan kecil. Begitu juga sebaliknya jika diameter fitting besar, maka daya lampu yang digunakan juga akan besar.

 Menurut Kegunaannya, fitting lampu dibedakan menjadi:

1.  Fitting Tempel

Fitting Tempel atau juga sering disebut dengan Fitting Plafon karena pemasangan fitting ini ditempelkan pada plafon.

Ceiling mount light fittings

2.  Fitting Gantung

Fitting Gantung ini digunakan pada tempat atau lokasi yang tidak terdapat plafon untuk menempelkan fitting. Tetapi ada juga tempat yang ada plafon tetapi dipasang fitting gantung karena difungsikan juga sebagai hiasan.

Pendant lamp fittings

3.  Fitting Kedap Air

Fitting Kedap Air ini digunakan pada lokasi yang rawan terkena air, misalnya pemasangan di luar ruangan. Fitting Kedap Air ini akan tetap aman digunakan walaupun terkena hujan.

Waterproof light fittings

4.  Fitting Downlight

Fitting Downlight ini dipakai pada tempat yang tidak menginginkan lampu menonjol keluar dan arah cahaya hanya berada pada di bawah lampu. Fitting Downlight ini juga banyak dipakai sebagai lampu tidur ataupun lampu warna sebagai penghias ruangan.

Downlight light fittings

5.  Fitting Otomatis

Fitting Otomatis merupakan fitting lampu yang diberi tambahan sensor, sehingga hidup matinya lampu berdasarkan jenis sensor yang dipasang. Ada yang hidup atau mati berdasarkan gelap atau terang, berdasarkan suara, dan ada juga hidup matinya lampu berdasarkan ada atau tidaknya orang di dalam ruangan.

Automatic light fittings


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel