-->

Jenis Tipe Duct Tape AC

 

Proses pemasangan AC Split pasti tidak akan lepas dari penggunaan Duct Tape. Duct Tape dalam instalasi AC Split sering juga disebut dengan Lakban, Isolasi, bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama Plaster.

Types of AC Duct Tape

Duct Tape adalah bahan yang digunakan untuk melilit/membungkus vinyl pipa AC yang menghubungkan unit indoor dan unit outdoor. Selain vivyl pipa AC yang dibungkus, ada komponen lainnya yang biasa dijadikan satu yaitu selang drainase (selang air) dan juga kabel penghubung unit indoor dan outdoor. Dengan menggunakan Duct Tape ini maka pemasangan AC akan lebih rapi karena komponen penghubung unit indoor dan outdoor dijadikan satu. Vinyl juga akan lebih awet dan kebocoran sistem insulasi juga lebih minim.

Duct Tape yang digunakan pada sistem instalasi AC secara umum dibedakan menjadi dua yaitu:

1.  Duct Tape Lengket

Duct Tape Lengket adalah Duct Tape yang dilengkapi dengan perekat (lem) pada salah satu sisinya. Duct Tape jenis ini banyak digunakan oleh teknisi karena lebih mudah penggunannya dan dengan hasil yang lebih rapi. Duct Tape Lengket mempunyai harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan Duct Tape tidak lengket.

2.  Duct Tape Tidak Lengket

Duct Tape Tidak Lengket merupakan Duct Tape yang paling murah dari semua jenis Duct Tape. Duct Tape Tidak Lengket banyak dipakai pada sistem instalasi AC yang sering dilakukan bongkar pasang antara lain untuk AC yang digunakan untuk rental (sewa). Duct Tape Tidak Lengket dapat digunakan lebih dari satu kali, yaitu dapat digunakan setelah sistem dibongkar.

Dilihat dari jenis bahan pembuatnya, Duct Tape dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

Duct Tape Poly Vinyl Cloride

Poly Vinyl Cloride (PVC) Duct Tape

Duct Tape ini merupakan jenis Duct Tape yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh para teknisi. Duct Tape dengan bahan PVC mempunyai keunggulan antara lain resisten terhadap aliran listrik, tidak mudah korosi, lebih murah, dan tidak mudah terbakar. Duct Tape dengan bahan PVC mempunyai warna pilihan antara lain ivory, putih gading, putih kemerahan, coklat, abu-abu, dan hitam. Duct Tape PVC mempunyai harga yang paling murah diantara jenis Duct Tape lainnya.

Duct Tape Alumunium

Aluminum Duct Tape

Duct Tape ini merupakan jenis Duct Tape yang paling baik dalam hal insulasi untuk menjaga panas agar tidak masuk ke dalam sistem. Duct Tape Alumunium banyak dipakai pada sistem cerobong (saluran udara). Duct Tape Alumunium mempunyai tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan Duct Tape PVC.

Duct Tape Metalizing

Metalizing Duct Tape

Duct Tape Metalizing merupakan jenis Duct Tape yang hampir sama dengan Duct Tape PVC, hanya saja tampilannya lebih menarik. Duct Tape Metalizing mempunyai harga sedang, yaitu diantara Duct Tape Alumunium dan Duct Tape PVC.

Dari jenis Duct Tape di atas, kita bisa menyesuaikan dengan aplikasi pada kondisi yang sesuai dan juga biaya yang dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel