-->

Tips Cara Menghemat Listrik AC

 

AC (Air Conditioner) merupakan perlatan listrik yang digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan, baik itu ruang tidur, ruang tamu, ataupun ruang khusus untuk menyimpan barang tertentu. AC sangat diperlukan bagi orang yang tinggal yang mempunyai iklim panas, atau daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia pada saat musim kemarau.

Kebutuhan udara yang sejuk sangat diperlukan pada kondisi udara yang panas agar ruangan menjadi nyaman. Tetapi penggunaan AC sebagai pendingin ruangan membutuhkan listrik yang tidak sedikit. Untuk mengurangi biaya listrik dibutuhkan untuk pengoperasian unit AC, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tutup Ventilasi

Tips cara hemat listrik AC

Jika ruangan yang digunakan mempunyai ventilasi yang banyak akan menyebabkan udara dapat bersirkulasi. Baik itu udara dari dalam ke luar ruangan atau sebaliknya, udara luar yang masuk ke ruangan. Jika ventilasi ruangan tidak ditutup, maka udara yang didinginkan di dalam ruangan bisa terkontaminasi oleh udara luar yang lebih panas. Proses pendinginan udara di dalam ruangan akan menjadi lebih lama, sehingga unit AC akan hidup lebih lama. Hidupnya unit AC yang lebih lama akan mengakibatkan konsumsi listrik lebih banyak. Oleh karena itu, ventilasi udara yang ada diruangan ditutup. Jika memerlukan ventilasi untuk udara segar, berilah ventilasi yang sedikit saja.

2. Atur Aliran Udara

Usahakan agar sirkulasi udara dingin yang keluar dari unit indoor tidak terhalang oleh benda seperti perangkat mebeler, tirai, atau benda lainnya. Dengan sirkulasi udara yang lancar akan menyebabkan proses pendinginan udara di dalam ruangan akan lebih merata dan lebih cepat.

3. Gunakan Tirai

Tips cara hemat listrik AC

Ruangan yang mempunyai jendela, pintu, atau pembatas dengan luar ruangan yang menggunakan bahan dari kaca atau sejenisnya harus ditutup menggunakan tirai atau hordeng. Tujuan dari penggunaan tirai adalah agar panas yang datang dari luar tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

4. Hindari Peralatan Pemanas

Tips cara hemat listrik AC

Usahakan jangan menggunakan peralatan yang dapat menghasilkan panas di dalam ruangan. Baik itu tungku pemanas atau peralatan listrik yang dapat menghasilkan panas antara lain lampu pijar, pemanas air, kompor listrik, dan lainnya.

5. Atur Setting Suhu

Atus setting suhu Menggunakan Remot AC sesuai dengan kebutuhan saja. Suhu yang nyaman untuk tubuh manusia berkisar 22oC. Tetapi suhu tersebut tidak sama antara manusia yang mempunyai kebiasaan yang berbeda dari setiap individu.

Tips cara hemat listrik AC

Banyak orang beranggapan bahwa setting suhu yang paling rendah dari unit AC dapat mempercepat dinginnya udara ruang. Hal ini sangatlah salah karena cepat atau lambatnya unit  AC mendinginkan ruangan tergantung dari besar kecilnya kapasitas pendinginan unit tersebut atau dari bahasa yang umum digunakan yaitu besar kecilnya PK unit AC.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel