-->

Perbedaan MCB dengan MCCB

 

Listrik merupakan kebutuhan yang sudah tidak dapat ditinggalkan lagi bagi masyarakat, baik itu yang berada di desa apalagi yang hidup di perkotaan. Listrik sudah merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Listrik digunakan tidak hanya untuk keperluan rumah tangga, tetapi dalam sebuah industri juga sangat diperlukan. Penggunaan daya listrik pada masyarakat, diperlukan suatu sistem pengamanan pada instalasinya.

Miniature Circuit Breaker

Jika kita lihat pada sistem instalasi rumah, maka kita akan mendapati komponen berupa saklar seperti pada gambar di atas. Mungkin beberapa dari kita tidak mengetahui apakah komponen tersebut dan apa fungsinya. Komponen tersebut disebut dengan Circuit Breaker (CB) yang berfungsi untuk melindungi dan memutuskan arus listrik jika terjadi beban berlebih atau terjadi hubung singkat. Circuit Breaker (CB) merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam instalasi listrik agar terlindung dari kebakaran atau kerusakan yang lebih buruk. Merk CB yang paling umum antara lain Merlin Gerin, Schneider dan banyak merk lainyya.

Molded Case Circuit Breaker

Circuit Breaker terdapat beberapa jenis, tetapi pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Miniatur Circuit Breaker (MCB) dan Molded Case Circuit Breaker (MCCB). Apakah persamaan dan perbedaan dari kedua Circuit Breaker tersebut?

 

Persamaan MCB dengan MCCB

Walaupun mempunyai nama yang berbeda, antara MCB dengan MCCB mempunyai beberapa persamaan antara lain:

1.    Keduanya masuk dalam katagori Circuit Breaker tegangan rendah.

2.    Berfungsi sebagai keamanan jika terjadi tegangan yang tidak normal

3.    Cara dan lokasi pemasangan.

 

Perbedaan MCB dengan MCCB

Perbedaan antara MCB dengan MCCB diperlihatakan pada tabel di bawah. 

Penjelasan:

Rating Arus

Yang dimaksud dengan rating arus adalah arus yang dibutuhkan oleh peralatan agar dapat beroperasi. Rating arus pada MCB mempunyai kapasitas yang lebih kecil yaitu hingga 63 Ampere, sedangkan pada MCCB mempunyai kapasitas yang lebih besar yaitu hingga 1000 Ampere. Dengan perbedaan karakteristik rating arus tersebut juga terjadi perbedaan dalam hal penggunaannya. MCB biasa digunakan pada peralatan dengan konsumsi arus yang relatif kecil seperti peralatan yang digunakan pada rumah tangga, sedangkan MCCB digunakan pada peralatan dengan konsumsi arus yang relatif besar seperti peralatan yang digunakan pada industri.

Trip Level

Trip Level adalah ambang batas arus listrik yang dapat melewati CB hingga menyebabkan kondisi switch off. Trip Level inilah yang menjadikan CB sebagai pengaman pada peralatan sehingga peralatan tersebut tidak terbakar. Trip Level pada MCB sudah ditentukan oleh pabrik pembuatnya dan merupakan harga tetap yang tidak dapat diubah. Sedangkan Trip Level pada MCCB dapat disesuaikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan, tetapi Trip Level maksimal tetap ditentukan oleh pembuatnya.

Interrupting Capacity

Interrupting Capacity adalah ambang batas aman arus yang dapat menyebabkan CB rusak. Jika CB dilewati arus listrik melebihi Interrupting Capacity, bukan hanya akan terjadi trip tetapi juga akan menyebabkan CB rusak permanen.

Under Voltage Trip

Under Voltage Trip yaitu kondisi dimana CB masih dapat berfungsi dengan baik pada saat tegangan lebih rendah dari batas yang ditentukan.

Shunt Trip

Shunt Trip yaitu kondisi dimana CB dapat memutus (trip) arus listrik dari sumber eksternal bukan hanya karena arus melebihi batas yang diperkenankan.

Pemasangan Circuit Breaker untuk Split Airconditioner harus memperhatikan kebutuhan daya unit AC tersebut. Jangan sampai terlalu kecil ataupun terlalu besar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel