-->

Pompa Air Hidup Tetapi Tidak Air Tidak Keluar

 

Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Untuk mendapatkan air, kita dapat menimba air dari dalam sumur atau menggunakan pompa air. Pompa air adalah peralatan yang harus ada di rumah tangga untuk memudahkan dalam mengambil air dari dalam sumur. Tetapi terkadang kita mendapati pompa air yang tidak bisa mengeluarkan air padahal pompa tersebut masih hidup.

Permasalahan dari pompa air yang tidak bisa mengeluarkan air dapat disebabkan dari beberapa masalah antara lain:


1. Volume Air Berkurang

Ini biasa terjadi pada saat musim kemarau yaitu permukaan air sumur turun drastis. Jika permukaan air sumur tidak dapat menenggelamkan pipa hisap, maka pompa air tidak akan bisa mengeluarkan air. Yang terhisap dari pompa air hanyalah udara saja. Jadi perhatikan permukaan air sumur apakah masih bisa menenggelamkan pipa hisap atau tidak. Jika tidak bisa menenggelamkan pipa hisap, kita dapat menurunkan pompa air sehingga pipa hisap tenggelam.

2. Kebocoran Pipa Hisap

Saluran pipa hisap pada instalasi pompa air harus dipastikan benar-benar rapat. Satu kebocoran kecil saja dapat menyebabkan kegagalan pompa untuk menghisap air. Dari kebocoran tersebut akan menyebabkan udara dari luar masuk ke saluran hisap. Bagian yang umum terjadi kebocoran ditunjukkan dengan tanda panah gambar di bawah.

Pada saluran hisap tidak dapat lagi menjadi vakum. Hal ini menyebabkan air tidak dapat terhisap oleh pompa. Kejadian seperti ini bisa dilihat dengan tanda-tanda berkurangnya air pada saluran hisap. Selain itu jika diperhatikan, pada saluran tekan akan terjadi gelembung udara yang keluar dari pompa.

3. Seal Pompa Aus

Seal pompa air terdapat dua bagian utama yaitu bagian yang diam dan bagian yang bergerak. Bagian yang diam ini tempatnya melekat pada badan pompa air. Sedangkan bagian yang bergerak akan ikut berputar pada saat pompa air hidup. Pada bagian yang bergerak, dilengkapi dengan pegas yang berfungsi untuk memberi tekanan pada seal yang bergerak dengan seal yang diam.

Pada umur pompa air yang sudah lama, permukaan seal akan terjadi aus dan juga daya tekan pegas menjadi berkurang.  Seal ini dijual di pasaran dalam bentuk satu set sehingga sekali ganti seal akan mengganti bagian yang diam dan bagian yang bergerak.

4. Spesifikasi Pompa Tidak Sesuai

Jika pompa air tidak bisa mengeluarkan air padahal pipa hisap masih tenggelam, coba perhatikan lagi spesifikasi pompa air tersebut. Berapa meter kekuatan yang dimiliki untuk menghisap air dengan diameter pipa hisap tertentu. Jika kekuatan hisap hanya sembilan meter sedangkan jarak permukaan air dengan pompa air lebih dari sembilan meter, maka pompa air tidak akan mampu menghisap air. Dengan kondisi seperti ini, pompa air harus diganti dengan daya hisap yang lebih tinggi lagi dan disesuaikan dengan Jenis Pompa Air dengan. Atau jika ingin memodifikasinya yaitu dengan mengganti pipa saluran hisap dengan pipa dengan diameter yang lebih kecil. Ini akan sedikit membantu menambah daya hisap walaupun tidak signifikan.

Dari permasalahan di atas, merupakan permasalahan yang paling umum ditemukan pada keadaan pompa air hidup tetapi tidak dapat mengeluarkan air. Masih banyak faktor teknis lainnya yang belum bisa dijelaskan dari artikel ini. Pompa air yang sudah rusak bisa dimodifikasi menjadi peralatan yang lebih bermanfaat seperti Alat Parut / Kukur Kelapa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel