-->

IoT Smart City / Kota Cerdas


 

IoT singkatan dari Internet of Things yaitu sebuah konsep kontrol yang dapat dikendalikan ataupun dipantau di tempat manapun selama terhubung dengan internet. IoT merupakan sebuah program yang dapat berjalan secara terus menerus yang melibatkan satu atau beberapa bagian sistem yang saling berhubungan. IoT merupakan aplikasi dari Revolusi Industri 4.0. IoT menjadi perangkat utama dari sebuah sistem kota pintar atau smart city. Penggunaan IoT pada sistem Smart City antara lain digunakan pada:

CCTV Online

CCTV singkatan dari Closed Circuit Television atau yang lebih dikenal dengan kamera pemantau dapat dihubungkan dengan internet sehingga semua perangkat CCTV dapat dihubungkan menjadi satu kesatuan. Pemantauan juga dapat dilakukan dimanapun selama masih terhubung dengan internet. CCTV dipasang di banyak lokasi seperti kantor, jalan, proses produksi, pasar, ataupun tempat umum lainnya yang perlu pemantauan dalam sebuah sistem Smart City.

Pelacak Truk Sampah

Penggunaan truk sampah juga dilengapi dengan GPS sehingga memudahkan pemantauan rute yang dilalui. Selain itu, pemantauan truk sampah ini juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan kendaraan untuk penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsinya.

Pelacak Bus

Armada bus yang dikelola oleh pemerintah daerah dapat dilengkapi juga dengan GPS untuk memantau pergerakan bus. Dengan demikian, letak bus, rute, jarak tempuh, dan juga data jumlah penumpang dapat terpantau. Untuk memudahkan pemantauan, sistem Smart City dapat bekerja sama dengan Google Maps untuk mendapatkan fitur transit bus yang real time.

Absensi Digital

Semua pegawai yang bekerja di sebuah daerah dengan sistem Smart City dapat dipantau kehadirannya dari seluruh dinas ataupun unit pelaksana. Waktu hadir dan pulang akan tercatat sehingga jam kerja dari setiap pegawai dapat diketahui. Ini akan menyangkut beban kerja dari setiap pegawai dan juga sebagai dasar dalam pemberian tunjangan daerah.

Pelayanan Birokrasi

Pelayanan birokrasi yang diterapkan oleh Smart City dapat mempermudah bagi pemerintah daerah dan juga bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan birokrasi. Pembayaran pajak, retribusi, ataupun perijinan dapat dilakukan secara online yang terpantau secara terpusat.

Kendali Lampu Lalu Lintas

Lampu lalu lintas sebagai pengatur jalannya kendaraan pada persimpangan jalan yang dapat mengatur secara otomatis berdasarkan waktu. Lampu lalu lintas yang terhubung dengan sistem Smart City dapat diatur nyala lampu secara menyeluruh. Ini dapat digunakan untuk mengosongkan jalan jika ada keperluan yang mendesak ataupun perjalanan dinas aparat negara.

Kendali Lampu Jalan

Lampu penerangan yang ada di jalan ataupun di tempat terbuka lainnya dapat dikendalikan dan dipantau secara terpusat. Dengan demikian lampu dapat dihidupkan dan dimatikan yang sesuai dengan keadaan lingkungan.

Bidang-bidang lainnya juga sangat berpotensi untuk dimasukkan ke sistem Smart City untuk memudahkan pemantauan sebuah kegiatan. IoT merupakan bagian yang utama dari sebuah sistem Smart City.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel