-->

Cara Memasang Kabel MCB. Bagian dan Fungsi

Memasang MCB, mengganti, atupun menambahkan MCB pada panel bukanlah hal yang terlalu rumit. Memang melakukan pekerjaan pemasangan MCB diperlukan ketelitian yang cukup tinggi. Cara memasang MCB yang tidak benar dapat mengakibatkan konsleting yang dapat menjadi pemicu kebakaran. Dalam proses pemasangan MCB juga harus berhati-hati jangan sampai kita terkena sengatan listrik.

Sebelum membahas cara memasang MCB, kita bahas dulu bagian-bagian MCB secara umum. Perhatikan gambar MCB di bawah.

Cara memasang kabel mcb, bagian, fungsi

Terminal berfungsi sebagai konektor antara MCB dengan kabel listrik.

Nameplate berisi tentang spesifikasi MCB.

Tuas berfungsi sebagai saklar untuk mengalirkan arus listrik. Pada saat tuas pada posisi ON dan terjadi konsleting atau beban berlebih, maka tuas akan turun (OFF) secara otomatis.

Pengunci berfungsi untuk mengunci MCB pada dudukannya agar tidak goyang ataupun terlepas.

Setelah kita mengetahui bagian-bagian MCB secara umum, sekarang kita persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pemasangan MCB. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. Obeng

2. Tespen

3. Box MCB

4. Pengupas kabel

5. Tang lancip/long nose

Sekarang kita mulai langkah pemasangan MCB mulai dari pemasangan box MCB.

Pasang Box MCB

Cara memasang kabel mcb, bagian, fungsi

Box MCB adalah bahan untuk menempatkan MCB agar tertutup dan aman. Box MCB ada yang hanya berisi satu buah MCB saja dan ada pula yang berisi banyak MCB.

Kaitkan MCB

Pasang MCB pada box MCB dan pastikan sudah terkunci. Untuk memasang MCB pada dudukannya, tarik dulu pengunci agar MCB bisa masuk ke dudukannya. Tekan MCB pada dudukannya kemudian tekan pengunci. Pastikan pengunci sudah tepat dengan cara menggerakan MCB. Jika MCB tidak bergerak/terlepas, maka pengunci sudah benar.

Pasang Kabel

Buka dudukan kabel pada terminal dengan cara memutar baut kekiri (berlawanan arah jarum jam). Kupas kabel sekitar satu hingga satu setengah centimeter pada ujung kabel yang akan dihubungkan ke terminal.

Hubungkan jalur fasa terlebih dahulu yaitu kabel jalur beban (bukan ke sumber tegangan) yang terhubung dengan instalasi rumah ke terminal 2. Kemudian hubungkan jalur netral langsung ke netral sumber tegangan. Kabel netral tidak masuk ke terminal MCB.

Cara 1

Cara memasang kabel mcb, bagian, fungsi

Cara 2

Cara memasang kabel mcb, bagian, fungsi

Terakhir, hubungkan kabel sumber tegangan ke terminal 1. Cek dahulu apakah jalur fasa sumber tegangan mati atau tidak dengan menggunakan tespen. Jika masih ada tegangan pada jalur fasa, hati-hati pada saat menyambungkan ke terminal 1. Gunakan tang lancip untuk memegang kabel yang ada tegangannya agar terhindar dari sengatan listriik.

Pasang Penutup Box MCB

Pasang penutup box MCB sehingga MCB tertutup dan dipastikan aman. Perhatikan jangan sampai ada kabel yang terjepit box MCB.

Perhatian!!!.

Hati-hati pada pekerjaan kelistrikan yang berhubungan dengan tegangan tinggi 220V apalagi pada tegangan 380V. Utamakan keselamatan diri dan gunakan alat pelindung diri yang sesuai untuk menghindari sengatan listrik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel