-->

Cara Memasang APAR Pada Tembok

Cara Pemasangan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Pada Tembok; Alat pemadam api merupakan salah satu syarat berdirinya sebuah bangunan atau tempat. Penempatan alat pemadam api harus memenuhi kriteria (SOP). Penempatan Tabung Pemadam Kebakaran / APAR diatur dalam Permenakertrans RI No:PER.4/MEN/1980 tentang Syarat-Syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan.

Cara Memasang APAR Pada Tembok

Cara memasang APAR mengikuti peraturan di atas yang secara garis besar sebagai berikut:

1)    Setiap satu atau kelompok alat pemadam api ringan harus ditempatkan pada posisi yang mudah dilihat dengan jelas, mudah dicapai dan diambil serta dilengkapi dengan pemberian tanda pemasangan (Pasal 4 ayat 1).

2)    Setiap alat pemadam api ringan harus dipasang (ditempatkan) menggantung pada dinding dengan penguatan sengkang (Pasal 6 ayat 1).

3)    Sengkang atau konstruksi penguat lainnya tersebut tidak boleh dikunci atau digembok atau diikat mati (Pasal 7 ayat 1).

4)    Pemasangan alat pemadam api ringan harus sedemikian rupa sehingga bagian paling atas (puncaknya) berada pada ketinggian 1,2 m dari permukaan lantai kecuali jenis CO2 dan tepung kering (dry chemical) dapat ditempatkan lebih rendah dengan syarat, jarak antara dasar alat pemadam api ringan tidak kurang 15 cm dan permukaan lantai (Pasal 8).

Dengan ketentuan seperti disebutkan di atas, intinya adalah bahwa pemasangan APAR pada tempat yang mudah dijangkau. Sekarang kita persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan antara lain:

Cara Memasang APAR Pada Tembok

a.     Bor tembok

b.     Fisher

c.     Skrup

d.     Palu

e.     Obeng plus

f.      Pulpen/spidol

g.     Satu set APAR

Setelah alat dan bahan tersedia lengkap, sekarang kita mulai proses pemasangan. Langkah pemasangan APAR sebagai berikut:

Cara Memasang APAR Pada Tembok

1.    Tentukan tempat pemasangan. Tempelkan pengait pada tembok kemudian beri tanda letak lobang pengait menggunakan pulpen/spidol.

Cara Memasang APAR Pada Tembok

2.    Bor tembok dengan kedalaman yang disesuaikan dengan panjang fisher. Diameter lobang juga menyesuaikan diameter fisher. Agar lobang tidak bergeser, terlebih dahulu berikan titik luka pada tembok menggunakan skrup dan palu.

Cara Memasang APAR Pada Tembok

3.    Masukkan fisher pada tiap lobang hingga rata dengan tembok. Jangan terlalu dalam ataupun menonjok keluar.

Cara Memasang APAR Pada Tembok

4.    Tempelkan pengait pada tembok sesuai dengan lobang yang telah dibuat, kemudian skrup pada fisher hingga kuat.

Cara Memasang APAR Pada Tembok

5.    Pastikan pengait sudah kuat, kemudian pasang APAR pada pengait.

Untuk lebih jelasnya, berikut video pemasangan APAR pada sebuah tembok. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel