-->

Membuat Alat Melubangi Tembok Instalasi Listrik

Membuat Alat Melubangi Tembok Untuk Instalasi Listrik; Melakukan instalasi listrik pada sebuah rumah mungkin kita memerlukan peralatan untuk membuat lobang (membobok) pada tembok. Pembuatan lobang ini digunakan untuk menanam kabel ataupun paralon sebagai jalur listrik. Sebagian besar orang akan menggunakan gerinda untuk membuah lobang ini, tetapi disini akan dibahas tetang pembuatan alat untuk membobok tembok menggunakan gear motor bekas.

Jika kita masih menggunakan motor yang menggunakan rantai, pasti pernah mengganti rantai satu set yaitu gear belakang, gear depan, dan rantai. Pada kesempatan kali ini akan merubah gear motor yang sudah bekas diubah menjadi alat yang revolusioner. Wah terlalu tinggi bahasanya ya....

Alat dan Bahan

Sekarang kita persiapkan alat dan bahannya. Berikut yang dibutuhkan.

a.     Gear motor bagian belakang

b.     Tangkai

c.     Tali karet ban

d.     Golok

Cara Membuat

Kalau alat dan bahan sudah lengkap, sekarang langsung cara merubah gear bekas menjadi alat pembobok tembok. Langkah langkahnya sebagai berikut:

1.     Buat tangkai. Tangkai yang saya gunakan kali ini adalah dari pelepah pohon kelapa. Dipilih pelepah pohon kelapa karena disekitar saya banyak pohon kelapa dan masih pendek pendek. Bisa juga menggunakan bambu atau kayu. Sesuaikan aja dengan persediaan yang ada di sekitar kita.

2.     Potong pelepah pohon kelapa sekitar 40cm kemudian belah menggunakan golok. Membelahnya jangan semuanya, tetapi hanya sekitar 15cm. Belahan ini akan digunakan untuk menjepit gear.

3.     Masukkan (jepitkan) gear pada tangkai yang sudah dibelah. Atur gear agar posisinya di tengah, kemudian lilitkan tali karet ban pada tangkai agar gear terjepi dengan kuat.

4.     Lilitkan tali karet ban pada semua tangkai dari ujung ke ujung. Lilitan tali karet ban pada tangkai ini juga digunakan untuk melilit pegangan agar tangan nyaman saat menggenggam.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan alat ini sangat mudah. Kita hanya perlu memukul-mukulkannya pada tembok yang ingin dilobangi. Alat ini jika digunakan untuk membobok tembok sangat efektif. Tembok bata terasa lunak dan cepat membuat lobangnya.

Kelebihan alat ini bila dibandingkan menggunakan gerinda:

-       Debu yang dihasilkan tidak banyak dan bisa dibilang tidak ada debu jika dibandingkan kalau membobok tembok menggunakan gerinda.

-       Tidak menggunakan listrik, jadi lebih hemat.

-       Sangat aman digunakan.

Untuk lebih jelasnya, cara membuat dan menggunakan alat bobok tembok untuk instalasi listrik rumah, perhatikan video berikut: 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel