-->

Indoor AC Keluar Air

Penyebab Indoor AC Keluar Air.  Tetesan air yang keluar dari unit indoor AC split menyebabkan ketidaknyamanan penghuninya. Sebuah unit AC split dipasang di rumah kita bertujuan untuk mendapatkan kenyamanan bagi penghuninya. Tetapi itu malah akan menjadi masalah jika unit indoor malah mengeluarkan tetasan air. Mari kita bahas penyebab unit indoor AC bocor dan alternatif penanganannya. 

Indoor AC Keluar Air

Unit Indoor Kotor

Debu dan kotoran lain dapat menumpuk di dalam unit indoor. Tumpukan ini bisa menyumbat saluran pembuangan air (drain pipe). Tetesan air dari evaporator akan terkumpul di penampungan yang berada di bawah evaporator. Lama kelamaan air akan penuh dan akan keluar dari unit indoor ke dalam ruangan.

Solusi

Karena masalah ini karena ada kotoran di dalam unit indoor, maka solusinya harus dibersihkan. Pembersihan mulai dari filter udara, sirip evaporator, dan saluran pembuangan air. Saluran pembuangan harus disemprot hingga bersih. Lihatlah apakah air semprotan tadi keluar dari saluran pembuangan dengan lancar atau masih tersumbat. Karena sangat mungkin hilang dari unit indoor tetapi malah menyumbat di dalam pipa pembuangan. Lakukanlah pembersihan unit AC split secara berkala (servis ringan) agar tidak terjadi masalah tetasan air. 

Indoor AC Keluar Air

Udara Ruangan Terlalu Lembab

Semakin tinggi kelembaban udara di dalam ruangan, maka akan semakin banyak air terbentuk di sirip evaporator. Karena terlalu banyak air yang menetes dari evaporator maka akan ada sebagian tetesan air tersebut tertiup keluar oleh blower. Tepat di depan unit indoor akan terjadi gerimis, walaupun tidak seperti gerimis hujan.

Solusi

Dalam hal ini kita harus memperkecil kemungkinan terjadinya kondensasi uap air di evaporator. Kita bisa menghindarinya dengan setting suhu AC yang tidak terlalu dingin, semisal jangan di setting pada suhu 18oC. Selain itu kita bisa menurunkan kecepatan blower. Setting kecepatan blower pada posisi medium ataupun low.

 

Pemasangan Unit Indoor Miring

Pemasangan unit indoor yang miring selain tidak nyaman dilihat, akan menimbulkan masalah. Air dari evaporator akan mengalir lancar ke saluran pembuangan jika posisi unit indoor AC tidak miring. Jika unit indoor terlalu miring bisa jadi posisi lobang pembuangan lebih tinggi akan menyebabkan air tidak bisa mengalir keluar ruangan. Air akan menumpuk dan keluar dari unit indoor ke dalam ruangan menyebabkan tetasan air.

Solusi

Permasalahan ini hanya bisa diatasi dengan merubah posisi unit indoor pada keadaan lurus. Kita harus melepas unit indoor dari bracket indoor dan merubah posisi bracket. 

Indoor AC Keluar Air

Blower Tidak Berputar

Jika blower tidak berputar maka akan terjadi tumpukan bunga es di evaporator hingga ke tutup unit indoor. Karena tumpukan bunga es terlalu tebal menyebabkan tetasan air tidak tepat pada tampungan air sehingga akan menetes keluar.

Solusi

Kerusakan blower diatasi dengan penggantian spare part yang rusak.

 

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel