-->

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Water Heater atau pemanas air adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menaikkan temperatur air tertentu sesuai dengan keperluan. Sumber energi yang digunakan untuk memanaskan air ini berasal dari berbagai jenis. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang jenis-jenis pemanas air yang digunakan di masyarakat. Air panas yang dihasilkan akan dimanfaatkan terutama untuk keperluan mandi. Jadi suhu air yang dihasilkan tidak sampai 100oC atau air mendidih.

Jenis/tipe water heater yang banyak digunakan dimasyarakat antara lain:

1.    Solar Water Heater

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Solar Water Heater atau pemanas air matahari adalah suatu perangkat pemanas air yang menggunakan energi matahari untuk menaikkan suhu air. Energi matahari merupakan energi yang berlimpah di Indonesia dan dapat digunakan dengan gratis. Indonesia sebagai negara tropis membuat matahari bersinar sepanjang tahun.

Solar water heater akan memanaskan air secara langsung dari energi matahari ke bagian penukar kalor (heat exchaner). Penukar kalor ini merupakan saluran air yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Air dipompa/disirkulasikan dengan kecepatan aliran rendah agar air dapat menyerap energi matahari secara maksimal. Air yang sudah dipanaskan akan ditampung pada sebuah tangki penyimpanan yang diberi isolator agar panas dari air tetap terjaga dan dapat digunakan pada waktu yang berbeda.

2.    Electric Water Heater

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Electrik water heater atau pemanas air listrik adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menaikkan suhu air dengan menggunakan sumber energi listrik. Electric water heater membutuhkan elemen pemanas yang berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi panas. Air yang akan dipanaskan, dialirkan melalui elemen pemanas sehingga suhu air dapat lebih tinggi. Agar suhu air tidak terlalu panas, maka perangkat electric water heater ini dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk mengontrol suhu air.

3.    Heat Pump Water Heater

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Heat pump water heater adalah perangkat yang berfungsi untuk menaikkan suhu air dengan sumber panas dari refrigerant (freon). Heat pump water heater mempunyai prinsip kerja yang berkebalikan dengan Air Conditioniner yang digunakan untuk mendinginkan ruangan.

4.    Air Conditioning Water Heater

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Air conditioning water heater ini merupakan modifikasi dari sebuah unit pendingin udara yang ada. Sumber panas yang digunakan adalah bagian heat exchanger (kondensor) yang mengeluarkan panas. Panas dari kondensor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air dan akan ditampung pada sebuah tangki penyimpanan.

5.    Solar Rubber Pool Heating

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Solar rubber poop heating ini digunakan untuk menaikkan suhu air pada kolam renang. Prinsip kerja solar rubber pool heating mirip dengan Solar Water Heater. Perbedaannya pada heat exchanger yang menggunakan bahan karet (polymer) agar tahan terhadap zat kimia yang digunakan pada kolam renang. Selain itu, solar rubber pool heating ini tidak memerlukan tangki penyimpanan karena kolam renang tersebut merupakan penampungannya.

6.    Gas Water Heater

Jenis Tipe Water Heater Pemanas Air

Gas water heater merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menaikkan suhu air yang menggunakan sumber energi dari gas. Prinsip kerja gas water heater ini seperti kompor gas pada umumnya yaitu gas yang dibakar dan apinya digunakan untuk memanaskan air. Api dari gas elpiji akan memanaskan heat exchanger yang didalamnya terdapat air yang alirkan sehingga suhu air meningkat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel