-->

Cara Memasang Saklar Gantung

Saklar berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan sambungan suatu rangkaian listrik. Dari berbagai jenis saklar, salah satunya adalah saklar gantung. Sesuai dengan namanya, saklar gantung merupakan saklar yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan sambungan rangkaian listrik yang dipasang dengan cara digantung. Secara umum saklar gantung merupakan saklar tunggal, yaitu hanya mempunyai satu buah kontak. Kali ini akan dibahas tentang cara memasang saklar gantung.

Cara Memasang Saklar Gantung

Alat dan Bahan

·          Saklar gantung

·          Fitting lampu

·          Obeng

·          Tang

·          Kabel

·          Tespen

·          Isolasi

Rangkaian pengawatan pemasangan saklar gantung diperlihatkan pada gambar di bawah. 

Cara Memasang Saklar Gantung

Cara Memasang Saklar Gantung

1.    Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan antara lain kabel, saklar gantung, lampu, fitting lampu, obeng, tang, tespen.

2.    Cari fasa dan netral dari jalur sumber tegangan. Gunakanlah tespen untuk mengetahui apakah jalur tersebut fasa atau netral.

Cara memasang saklar gantung

3.    Pasang satu kabel jalur netral terlebih dahulu karena jalur netral ini tidak ada setrumnya kemudian diisolasi. Sambungkan kabel ke netral sumber tegangan hingga ke fitting lampu. Pastikan posisi jalur netral benar pemasangannya pada fitting.

Cara Memasang Saklar Gantung

4.    Hubungkan kabel dari saklar ke fitting lampu. Kabel ini dipasang pada fitting lampu pada jalur fasa, sedangkan pada saklar gantung dihubungkan pada salah satu konektornya.

Cara Memasang Saklar Gantung

5.    Kemudian hubungkan jalur fasa sumber tegangan ke saklar gantung. Pertama kali, hubungkan dahulu kabel ke saklar gantung. Setelah saklar terhubung kemudian baru sambungkan ujung kabel satunya ke fasa sumber tegangan.

Untuk keamanan dari sengatan listrik, matikan terlebih dahulu sumber tegangan. Pastikan semua sambungan sudah terisolasi dengan baik. Untuk mengetahui cara pemasangan fitting lampu yang benar, pelajari aritikel tentang Cara Memasang Fitting Lampu

PERHATIAN

Saklar gantung merupakan saklar yang posisinya tidak tetap (bisa bergerak). Sehingga pada saat pemasangan, kabel yang terhubung ke saklar haruslah terpasang kuat dan tidak dapat tertarik.

Pasang saklar gantung pada ketinggian yang cukup. Jangan memasang saklar gantung pada posisi yang rendah. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari agar pada saat terjadi sengatan listrik dapat terlepas dengan sendirinya jika posisi badan terjatuh.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel