-->

TEKNIK MENYODER DAN MELEPAS SOLDERAN


Cara menyolder dan melepas solderan yang baik. elemen pemanas, timah solder, teknik melakukan, memeriksa bagian
Pekerjaan menyolder sepintas merupakan pekerjaan yang mudah. Hanya dengan menyatukan timah solder ke ujung mata solder maka timah akan menempel. Tetapi untuk menghasilkan solderan yang baik dan kuat, tidak semudah yang dilihat. Penguasaan teknik menyolder dan pengalaman merupakan faktor yang sangat menentukan hasil solderan. Sebelum melakukan praktik penyolderan, alangkah baiknya jika kita cek dulu solder yang akan kita gunakan.

Memeriksa Kondisi Solder
Memeriksa elemen pemanas; Elemen pemanas berfungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi energi panas. Jadi disinilah asal dari panas yang dihasilkan solder. Untuk memeriksa elemen pemanas kita gunakan multimeter (posisi ohm). Cek solder dengan menempelkan kedua ujung probe pada steker (konektor) solder.

Jika masih ada hambatan (jarum bergerak) maka kondisi elemen pemanas masih baik. Jika tidak ada hambatan (jarum tidak bergerak) maka kondisi elemen pemanas telah putus.

Memeriksa solder konslet atau tidak;  Solder yang konslet akan sangat berbahaya jika kita gunakan. Kita dapat tersengat listrik 220 volt. Oleh karena itu, pemeriksaan ini sangatlah penting bagi keselamatan kita. Cara memeriksa solder yaitu dengan multimeter (posisi ohm). Tempelkan salah satu ujung probe pada steker (konektor solder) dan satu probe lagi ke bagian logam solder.


Jika ada hambatan (jarum bergerak) maka solder konslet. Jika tidak ada hambatan (jarum tidak bergerak) maka solder masih bagus.

Untuk mendapatkan kualitas solderan yang bagus, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a.   Memilih solder; Panas solder harus mampu melelehkan timah dengan cepat dan sempurna, tetapi tidak terlalu panas hingga dapat merusak komponen yang disolder. Kualitas mata solder harus runcing, bersih, dan bermutu baik (seperti merk Good)

b.  Kebersihan bagian-bagian yang akan disolder; Kebersihan merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Kebersihan ini meliputi PCB dan kaki komponen. Bagian PCB dan kaki komponen akan terjadi karat jika sudah lama tidak digunakan. Gunakan kertas amplas atau bahan pembersih logam untuk membersihkan karat atau kotoran lainnya.

c.   Kualitas timah; Timah yang berkualitas baik adalah perbandingan timah putih dengan timah  hitam adalah 60/40. Timah juga harus mengandung pasta sehingga kita tidak perlu menambahkan pasta solder pada saat menyolder komponen.

Kualitas solderan yang bagus dalam pekerjaan komponen elektronika dapat dilihat dari bentuk hasil solderan. Hasil solderan yang bagus berbentuk runcing melingkari kaki komponen, mengkilat, dan kokoh. Sedangkan hasil solderan yang jelek berbentuk bulat menempel pada kaki komponen, kusam, dan mudah lepas.


Untuk mendapatkan kualitas solderan yang bagus seperti gambar di atas sangat ditentukan oleh cara menyoldernya.


Cara menyolder yang benar adalah dengan metode Solder In – Timah In – Timah Out – Soder Out. Untuk lebih jelasnya seperti ini. Terlebih dahulu bagian yang disolder dipanasi kemudian dilelehkan timah secukupnya lalu diangkat. Biarkan mata solder menempel sesaat hingga timah meleleh sempurna dan melingkari kaki komponen. Jika bagian yang disolder kurang panas, maka timah tidak akan menempel pada bagian tersebut tetapi akan menempel pada ujung mata solder.

Pada saat timah dilelehkan, akan ada percikan cairan. Cairan ini adalah fluk atau pasta yang sudah dijadikan satu dengan timah. Jika kita akan menyolder kawat email atau kawat lainnya yang mempunyai lapisan luar, maka lapisan tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. Gunakan benda tajam atau amplas untuk mengikis lapisan itu.

Melepas Solderan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melepaskan solderan agar mendapatkan hasil yang berkualias antara lain:

a.   Timah disedot sempurna (bersih)
b.  Tidak merusak lapisan tembaga  PCB
c.   Tidak merusak komponen yang dilepaskan

Cara melepas solderan adalah terlebih dahulu timah dilelehkan menggunakan solder, kemudian disedot menggunakan atractor. Pada saat ini sudah ada atractor yang dilengkapi dengan solder untuk melelehkan timah.




Posisi atractor seperti pada gambar di bawah.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel