-->

CARA MEMASANG OTOMATIS AIR PELAMPUNG RADAR


Pompa air merupakan kebutuhan pokok dari setiap rumah. Dengan pompa air ini tidak perlu lagi menimba air dari dalam sumur, otomatis, pelampung, radar, pemasangan, instalasi listrik, pengkabelan, sistem kerja, cara kerja, tandon, tampungan, profile tank.
Pompa air merupakan kebutuhan pokok dari setiap rumah. Dengan pompa air ini tidak perlu lagi menimba air dari dalam sumur. Agar kita lebih nyaman dalam penggunaan pompa air dengan tandon/tampungan air, maka sangat penting untuk menggunakan otomatisasi isi pengisian air dalam tampungan. Dengan menggunakan sistem otomatis, kita tidak perlu repot-repot menunggu air penuh dan mematikannya atau menghidupkannya jika isi tampungan sudah habis. Pada artikel ini akan dibahas tentang penggunaan radar pelampung otomatis. Disebutkan radar disini karena merk pertama yang diketahui penulis adalah RADAR, tetapi sekarang sudah banyak merk yang lain dengan sistem kerja yang sama.



Radar ini terdapat beberapa bagian yaitu saklar, dua buah pelampung/pemberat, tali, dan bracket saklar. Pemasangan radar diperlihatkan pada gambar di bawah.


Untuk menentukan batas atas dan batas bawah bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaitu dengan mengatur posisi kedua pelampung/pemberat. Cara kerja Radar ini diperlihatkan pada gambar di bawah.


Kondisi (1)
Pada kondisi air kurang, maka kedua pelampung/pemberat akan menarik saklar sehingga saklar pada posisi ON. Pompa air akan hidup sehingga air masuk ke tampungan.
Kondisi (2)
Pada kondisi ini, pelampung/pemberat2 akan mengapung. Posisi saklar masih dalam keadaan ON karena tertahan oleh pelampung/pemberat1. Pompa air masih hidup untuk mengisi air.
Kondisi (3)
Pada saat permukaan air sudah sampai pada pelampung/pemberat1, posisi saklar akan OFF. Pompa air akan berhenti bekerja.
Kondisi (4)
Pada kondisi air terpakai, pemukaan air dalam tampungan akan berkurang. Posisi saklar tertahan dalam keadaan OFF karena berat pelampung/pemberat1 tidak cukup untuk menarik saklar ke bawah. Jika air terus dipakai, proses berikutnya kembali lagi ke kondisi (1).

Setalah mengetahui cara kerja Radar, sekarang kita akan masuk ke instalasi listrik ke saklar. Untuk penggunaan pompa air rumah tangga gunakan terminal  A1 dan A2.


Rangkaian pada gambar dapat ditambahkan saklar Cam Starter untuk memudahkan kontrol terhadap rangkaian. 

Tips instalasi kelistrikan:
·     Gunakanlah kabel yang mempunyai diameter dan isolasi yang bagus.
·     Gunakan steker sehingga jika terjadi kerusakan, cukup dengan mencabut steker tanpa harus mematikan MCB rumah.
·     Sambungan kabel harus kuat untuk menghindari adanya percikan api pada sambungan yang longgar.

Pompa air terkadang terdapat masalah seperti Pompa Air Hidup Tetapi Air Tidak Keluar. Jika kita mempunyai pompa air bekas yang sudah tidak bisa dipakai lagi tetapi masih bisa berputar, bisa dimodifikasi menjadi Alat Parut/Kukur Kepala.

“Kedewasaan Seseorang Bukanlah Dilihat Dari Usia, Melainkan Dilihat Dari Sikap, Tindakan, dan Tingkah Laku”


6 Responses to "CARA MEMASANG OTOMATIS AIR PELAMPUNG RADAR"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Kalau mau sambung kabel ke otomatis penampungan atas harus matiin meteran listrik nggak ya,,apakah nyetrum klo gak di matiin meteran listriknya..trima kasih

    BalasHapus
  2. Bang?
    Punya sya knpa radarnya eror trus biarpun diganti yg baru tetep sama aja radarnya gx berfungsi

    BalasHapus
  3. Pompa air terkadang terdapat masalah seperti Pompa Air Hidup Tetapi Air Tidak Keluar. Jika kita mempunyai pompa air bekas yang sudah tidak bisa dipakai lagi tetapi masih bisa berputar, bisa dimodifikasi menjadi Alat Parut/Kukur Kepala.

    hah..? Kukur Kepala
    sadis amat HAHAH

    BalasHapus
  4. Ulasan di atas membantu masyarakat/konsumen tuk bs mengerti dan paham cara pemasangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mnurut sya sharusnya kterangan A2 itu line nya tetap warna merah biar yg awam lebih ngerti, krna bukn kah fungsi saklar itu pemutus dan penyambung arus
      Maf andai keliru🙏

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel