-->

UKURAN KAPASITOR AC SPLIT


Kapasitor yang digunakan pada unit AC Split merupakan kapasitor yang bekerja pada tegangan bolak-balik (Alternating Current). Ukuran kapasitas kapasitor yang digunakan pada AC Split berbeda-beda tergantung dari besar kecilnya daya motor listrik yang digunakan. Satuan kapasitas kapasitor menggunakan satuan mikro farad atau pada badan kapasitor dituliskan uF, MF, ataupun MFD.

Kapasitor yang rusak mempunyai ciri fisik yang menggembung, keluar minyak, dan pecah/meledak. Kerusakan kapasitor bisa diakibatkan oleh faktor umur pakai atau dari faktor cacat produk. Kerusakan kapasitor bisa dilihat dari bentuk fisik kapasitor itu sendiri.




Pada unit outdoor AC Split terdapat dua buah kapasitor. Satu kapasitor untuk kipas/fan kondensor dan satu lagi untuk kompresor. Kapasitor fan condenser ukurannya antara 1,5 uF hingga 4 uF tergantung dari besar kecilnya motor fan condensornya. Sedangkan untuk kompresor, ukuran kapasitor tergantung dari AC yang digunakan apakah 0,5 PK, 1 PK, 1,5 PK, atau 2 PK bisa dilihat di tabel.

AC (PK)
KAPASITOR (uF)
0,5
15
3/4
15 – 20
1
20- 25
1,5
30 – 35
2
40 - 60

Penggantian kapasitor unit outdoor sangat mudah karena antara kapasitor dengan kabel hanya dihubungkan dengan skun. Tetapi perlu diperhatikan pada saat melepas skun pada kapasitor karena ada beberapa skun yang dilengkapi dengan pengunci, sehingga pada saat melepasnya harus menekan bagian skun untuk melepas kuncian. Jika skun sudah longgar, maka harus lobang skun harus dipersempit lagi. Gunakan penjepit (tang) untuk mempersempit lobang skun. Jika skun longgar, maka akan terjadi lompatan api listrik sehingga konektor akan menyebabkan konektor panas (terbakar).


Pada unit indoor AC Split terdapat satu buah kapasitor yang berfungsi membantu putaran fan evaporator (blower). Besarnya kapasitansi kapasitor blower ini antara 1 uF hingga 1,8 uF. Kapasitor ini berbentuk kotak yang menempel pada PCB (unit control) pada unit indoor. Pada gambar di atas ditunjukkan pada Nomor 7. Penggantian kapasitor blower harus menggunakan solder karena kapasitor ini dipatri pada PCB.

Pada saat menyoder supaya diperhatikan jangan sampai jalur PCB menjadi rusak (terkelupas). Gunakan atractor atau penghisap cairan solder untuk membersihkan timah yang pada PCB. Untuk lebih jelasnya baca artikel Teknik Menyoder dan Melepas Solderan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel