-->

ANALIZER TIDAK MENUNJUK 30 inHg VAKUM MANIFOLD GAUGE


Dalam melakukan servis kulkas tentu tidak asing lagi dengan proses vakum (vaccum). Proses pemvakuman menggunakan peralatan khusus yaitu Pompa Vakum bertujuan untuk mengeluarkan udara dari dalam pipa sistem pendinginan kulkas. Udara dalam pipa sistem pendinginan kulkas harus dikeluarkan sebelum dilakukan pengisian refrigerant (freon). Bahaya Udara Dalam Sistem Pendingin dapat diminimalisir dengan cara pemvakuman sistem pendingin kulkas sebelum dilakukan pengisian.


Sebelum dilakukan proses pemvakuman sistem pendingin kulkas, maka sistem pemipaan harus sudah terbebas dari kebocoran sehingga proses pemvakuman dapat sempurna (29-30 inHg). Tetapi terkadang kita mendapati pada saat melakukan pemvakuman ternyata jarum manifold gauge (analizer) tidak menunjukkan ke angka 29-30 inHg. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai sebab antara lain:

Selang Manifold Gauge Bocor

Kebocoran pada selang manifold gauge sangat mungkin terjadi jika umur selang yang sudah uzur. Tingkat elastisitas selang akan berkurang dan selang akan terlihat retak-retak. Keretakan ini akan nampak lebih banyak pada bagian ujung selang yang terhubung ke sistem/pompa vakum/tabung refrigerant. Hal ini dikarenakan pada bagian ujung ini sering tertekuk pada saat melakukan proses pemvakuman atau pengisian.

Selang yang sudah rusak dapat diganti dengan yang baru dengan kondisi yang baik. Di pasaran ada yang menjual selang manifold gauge bijian (satu selang saja) dan ada juga yang menjual satu set (tiga selang). Juga tersedia pilihan selang manifold gauge yang pendek ataupun yang panjang.
   
Pemasangan Selang Kurang Kuat
Pemasangan selang analizer dengan kuat pada pompa vakum

Pada kedua ujung selang terdapat konektor, satu konektor yang lurus terhubung dengan manifold gauge dan satu konektor lagi yang bengkok terhubung dengan sistem/pompa vakum/tabung refrigerant. Pemasangan konektor pada kedua ujung tersebut harus kuat agar tidak terjadi kebocoran. Jika pemasangan kurang kuat, konektor bisa berputar pada saat selang tidak sengaja tertarik atau pada saat manifold gauge dipindahkan.

Manifold Gauge Rusak
Macam, bentuk, merk manifolg gauge
Banyak sekali manifold gauge yang dijual di pasaran, mulai dari merk, bentuk, dan harga yang bervariasi. Merk yang terkenal dan juga kualitas yang bagus pasti mempunyai harga yang lebih mahal tiga kali lipat bahkan lebih lagi dari manifold gauge merk biasa. Manifold gauge merk biasa sangat mungkin memiliki kepekaan yang kurang baik sehingga dapat menunjukkan nilai yang salah pada saat melakukan pengukuran.

Salah Satu Konektor Pompa Vakum Tidak Rapat
pompa vakum dengan satu dan dua konektor
Pompa vakum ada yang mempunyai satu konektor dan ada juga yang mempunyai dua konektor yang terhubung dengan selang manifold. Bagi yang menggunakan pompa vakum dengan satu konektor mungkin tidak terlalu bermasalah. Tetapi bagi yang menggunakan pompa vakum dengan dua konektor, maka harus diperhatikan salah satunya harus tertutup rapat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel