-->

Steam AC, Cara dan Manfaat

 

Steam AC merupakan salah satu cara agar unit AC dapat bekerja mendinginkan ruangan dengan maksimal. Steam AC atau pembersihan unit AC dikatagorikan sebagai servis sedang dan dilakukan dengan membersihkan bagian-bagian unit AC dari berbagai kotoran yang dapat mengganggu kinerja. Steam AC ini dilakukan setiap tiga bulan sekali atau sesuai dengan keperluan. Jika unit AC dipasang di daerah yang terdapat sedikit debu, maka jangka waktu bisa lebih lama. Sedangkan jika unit AC dipasang di daerah yang terdapat banyak debu, maka jangka waktu proses steam menjadi lebih pendek (cepat). Pembersihan utama dari proses steam AC adalah membersihkan evaportor dan kondensor.

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Evaporator dan kondensor merupakan komponen sistem pendingin yang berfungsi untuk memindahkan panas. Perpindahan panas pada evaporator dan kondensor akan terhambat jika permukaan sirip evaporator dan kondensor tersebut tertutup oleh kotoran atau debu. Dengan dilakukannya proses steam AC ini, diharapkan proses perpindahan panas dari evaporator dan kondensor akan maksimal dan unit AC menjadi lebih cepat mendinginkan ruangan.

Berikut langkah-langkah proses steam AC Split.

Persiapan

1. Cek kinerja unit AC

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi awal unit AC sebelum dilakukan proses steam. Ini penting dilakukan untuk mengetahui perbedaan kinerja AC setelah dilakukan proses steam. Jangan sampai unit AC yang di bersihkan merupakan unit AC yang rusak.

2. Matikan sumber listrik

Hal ini untuk memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan benar-benar aman. Karena proses steam unit AC merupakan kegiatan yang menggunakan media air, maka aliran listrik ke unit AC harus dimatikan terlebih dahulu.

3. Persiapkan alat dan tempat

Persiapkan peralatan apa saja yang akan digunakan sehingga proses steam nantinya tidak terganggu dengan tidak adanya salah satu peralatan. Tempat juga harus dipersiapkan yaitu dengan mengamankan peralatan elektronik atau bahan lainnya yang akan rusak jika terkena air. Pindahkan atau geser meja kursi yang berada di sekitar unit AC agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan aman.

 

Setelah proses pengecekan selesai kemudian mulai proses pemberihan unit indoor.

 

Pembersihan Unit Indoor

1. Buka casing unit indoor

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Buka casing dengan hati-hati dan letakkan pada tempat yang aman. Casing unit indoor terbuat dari bahan plastik sehingga mudah patah. Jangan sampai casing unit indoor terjatuh ataupun terinjak. Buka skrup yang mengunci casing dengan body unit indoor. Lepaskan juga swing (pengatur aliran udara) pada bagian unit indoor.

2. Tutup bagian PCB/Modul

Bagian PCB atau Modul ini merupakan rangkaian elektronik yang sangat rentan terjadi kerusakan apalagi jika terkena air. Oleh karena itu, tutup bagian PCB ini dengan penutup yang dapat menahan percikan air. Jangan lupa untuk melepas Thermistor (sensor suhu) yang terdapat pada evaporator dan jadikan satu dengan bagian PCB.

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

3. Pasang plastik talang

Pasang plastik talang steam pada bagian unit indoor dengan rapi dan memastikan jika air pembersih tidak akan keluar dari plastik talang ini. Jika memungkinkan, pasang juga plastik di atas unit indoor agar percikan air tidak mengenai tembok ataupun plafon.

4. Bersihkan evaporator

Bersihkan bagian sirip evaporator menggunakan pompa steam. Sebelum menyemprot bagian evaporator, terlebih dahulu setel semburan air menyebar. Jika semburan air terlalu kecil (menyatu) dapat merusak sirip evaporator karena tekanannya terlalu besar.

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Semprot sirip evaporator dengan posisi tegak lurus dengan sirip evaporator agar semburan air dapat masuk ke bagian sirip paling dalam.

5. Bersihkan blower

Sebagian kotoran/debu dari udara yang melewati evaporator akan menempel juga dibagian blower. Bersihkan bagian blower agar blower dapat mensirkulasikan udara dengan maksimal. Pada tipe AC Inverter, ada yang menggunakan motor DC sebagai penggerak blower. Untuk lebih amannya, tahan blower pada saat disemprot agar tidak berputar.

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

6. Keringkan evaporator

Keringkan bagian evaporator menggunakan lap, kemudian lepaskan plastik talang dan penutup PCB. Kembalikan Thermistor (sensor suhu) pada tempatnya.

7. Bersihkan Casing indoor

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Bersihkan casing unit indoor dan juga filter udara, kemudian keringan menggunakan lap. Setelah kering, pasang kembali casing unit indoor dan juga swing pengatur aliran udara. 

Sampai disini, proses pembersihkan unit indoor sudah selesai. Selanjutnya pembersihan dilakukan pada unit outdoor.

 

Pembersihan Unit Outdoor

1. Lepaskan casing outdoor

Melepas casing unit outdoor berguna untuk memudahkan pekerjaan karena kondensor akan terlihat dengan jelas. Jika casing unit indoor dilepas, tutuplah bagian kelistrikan yang berada di sekitar kompresor.

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Jika tidak memungkinkan untuk membuka casing indoor, buka gril penutup fan kondensor dan lepaskan baling-baling kipas. Dengan demikian, proses pembersihan akan lebih mudah.

2. Bersihkan kondensor

Pembersihan AC, cara melakukan dan manfaatnya

Bersihkan sirip kondensor dari kotoran yang menempel. Pada bagian kondensor ini biasanya terdapat banyak kotoran hingga menutup sirip. Usahakan menyemprot sirip kondensor dari bagian dalam. Hal ini karena kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Kotoran yang terbawa oleh udara akan menempel dari arah bagian luar. Oleh karena itu akan lebih mudah menghilangkan kotoran bila dibersihkan dari arah sebaliknya.

Setelah semua selesai dilakukan dan komponen sudah kering, kemudian pasang kembali seperti semula. Pastikan tidak ada komponen atau bagian yang tertinggal. Uji coba unit AC dengan menghidupkannya dan cek apakah ada perbedaan dari keadaan sebelumnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel