-->

Sejarah Perkembang Merlin Gerin menjadi Schneider Electric

 

Merlin Gerin didirikan pada tahun 1920 dan secara signifikan menjadi perusahaan Circuit Breaker tegangan tinggi bertaraf Internasional. Merlin Gerin tumbuh menjadi perusahaan yang besar dengan inovasi terdepan dalam inovasi kendali tenaga listrik. Berikut sedikit sejarah dari perusahaan besar Merlin Gerin.

Perkembangan Merlin Gerin menjadi Schneider Electric

Tahun 1920

Pada tahun ini, perusahaan Merlin Gerin didirikan untuk memproduksi secara masal peralatan listrik. Pada awal beroperasi, perusahaan ini hanya memiliki 38 karyawan. Merlin Gerin sendiri diambil dari kedua pendirinya yaitu Paul-Louis Merlin dan Gaston Gerin.

Tahun 1921

Pada tahun ini, Merlin Gerin memperkenalkan produk High Voltage Oil Circuit Breaker pertamanya dan langsung diakui secara internasional. High Voltage Oil Circuit Breaker adalah jenis Circuit Breaker yang menggunakan oli sebagai dielektrik atau media isolasi yang digunakan untuk pemadaman busur listrik.

Tahun 1950an

Perusahaan Merlin Gerin mengembangkan jenis Compact Circuit Breaker, membangun jaringan distribusi peralatan yang solid, dan membuka anak perusahaan pertamanya di luar negeri.

Tahun 1967

Merlin Gerin pada tahun ini mengembangkan teknologi SF6 yang merupakan kemajuan dalam hal kesehatan dan keselamatan. Selain itu juga, Merlin Gerin mengenalkan pembuatan gardu  induk  dengan menggunakan lapisan logam Hexabloc dan merupakan teknologi pertama kali pada sistem kelistrikan tegangan tinggi.

Tahun 1974

Di tahun ini, perusahaan Merlin Gerin memperkenalkan suatu rangkaian perangkat modular Multi 9. Multi 9 merupakan peningkatan dalam hal keselamatan yaitu dari mencegah adanya ancaman menjadi melindungi orang dan perangkat dari ancaman konsleting listrik, beban berlebih, dan lainnya.

Tahun 1986

Perusahaan Merlin Gerin merilis Masterpact, yaitu sebuah Circuit Breaker dengan kapasitas 800 hingga 6.300 Ampere.

Tahun 1992

Pada tahun ini, perusahaan Merlin Gerin sahamnya dibeli oleh Schneider.

Perkembangan Merlin Gerin menjadi Schneider Electric

Tahun 1994

Schneider menggabungkan Merlin Gerin dengan Telemecanique menjadi satu nama yaitu Schneider Electric SA.

Tahun 2009

Semua produk, layanan, dan teknologi miik Merlin Gerin diganti nama produknya menjadi Schneider Electric. Mulai tahun inilah merk dagang Merlin Gerin sudah tidak diproduksi lagi.

Pada saat ini, Schneider Electric sudah menduduki papan atas perusahaan listrik dunia. Produk yang ditawarkan sangat beragam di bidang kelistrikan dan kontrol.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel