-->

Setelah Steam AC Tidak Dingin Penyebab

 

Steam AC atau pembersihan unit AC bertujuan untuk membersihkan kotoran pada evaporator, kondensor, dan juga saluran air (drainase). Dengan dibersihkannya bagian tersebut diharapkan proses pertukaran panas pada evaporator (unit indoor) dan juga pada kondensor (unit outdoor) dapat berjalan lancar sehingga proses pendinginan maksimal. Proses Steam AC dilakukan dengan membongkar bagian unit AC agar pembersihan lebih mudah dan mendapatkan hasil maksimal.

penyebab dan cara memperbaiki ac tidak dingin setelah steam

Setelah proses Steam AC selesai, unit AC yang diharapkan menjadi lebih dingin ternyata malah tidak dingin. Setelah di cek, kondisi unit AC Split sebagai berikut:

1. Unit indoor

Unit indoor bekerja dengan normal. Blower berputar seperti biasa dan menghasilkan aliran udara yang cukup kuat. Udara yang keluar dari unit indoor tidak terasa dingin, hanya seperti kipas angin.

2. Unit outdoor

Unit outdoor hidup sebentar lalu mati. Kompresor dan kipas kondensor berhenti bekerja padahal suhu udara di dalam ruangan belum dingin.

3. Lampu indikator normal

Lampu indikator power menyala dan lampu timer mati. Tidak ada tanda kelainan pada lampu indikator yang terdapat pada unit indoor. Tidak berkedip ataupun  mempunyai warna yang berbeda.

4. Setting remote

Setting remote pada mode Cool, fan speed maksimal, setting suhu pada 18oC. Tidak ada setting timer ON/OFF unit AC.

5. Arus kerja

Arus kerja normal sesuai dengan name plate yang diukur sewaktu unit outdoor hidup.

Setelah semua di cek dan ternyata masih normal, kemudian bongkar casing unit indoor. Setelah casing unit indoor terbuka, terlihat thermistor (sensor suhu) pada evaproator tidak terpasang pada tempatnya. Hal ini karena setelah pada proses pembersihan evaporator, thermistor dilepas agar lebih aman. Tetapi setelah pembersihan evaporator selesai, thermistor lupa dikembalikan ke tempat semula.

penyebab dan cara memperbaiki ac tidak dingin setelah steam

Kondisi Thermistor yang normal (tidak rusak) tetapi tidak terpasang pada tempatnya ternyata akan menyebabkan pembacaan suhu pada evaporator terganggu. Ini yang menyebabkan unit outdoor berhenti bekerja sebelum setting suhu pada unit indoor tercapai. Untuk lebih memahami kerja dari sensor suhu ini, baca artikel tentang Thermistor AC.

penyebab dan cara memperbaiki ac tidak dingin setelah steam

Dalam melakuan pekerjaan kita diharuskan lebih teliti baik sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan, dan juga setelah pelaksanaan. Kesalahan yang kecil saja dapat membuat pekerjaan kita gagal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel