-->

Penempatan MCB Untuk AC Split

 

Jika kita lihat pada sistem instalasi AC Split, maka kita akan mendapati komponen berupa saklar yang disebut dengan Miniature Circuit Breaker (MCB) yang berfungsi untuk melindungi dan memutuskan arus listrik jika terjadi beban berlebih atau terjadi hubung singkat. Miniature Circuit Breaker (MCB) merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam instalasi listrik agar terlindung dari kebakaran atau kerusakan yang lebih buruk.

Posisi letak tempat kedudukan penempatan MCB untuk AC Split

Dalam menentukan letak pemasangan sebuah MCB dalam sebuah instalasi AC Split harus mempertimbangkan beberapa kriteria, antara lain:

Faktor Keamanan

Dalam menentukan letak pemasangan sebuah MCB, pertama kali yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan. Keamanan merupakan hal mendasar dalam instalasi MCB, oleh karena itu MCB harus dipasang pada tempat yang benar-benar aman dari gangguan tangan ataupun binatang.

Posisi letak tempat kedudukan penempatan MCB untuk AC Split

Pemasangan MCB juga harus menghindari tempat yang lemba/basah agar tidak terjadi konsleting listrik. Pastikan letak MCB adalah tempat yang benar-benar bebas dari air atau bahan lainnya yang dapat menyebabkan konsleting ataupun sengatan listrik.

Mudah Dijangkau

MCB merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari PLN ke unit AC. Pemasangan MCB pada instalasi unit AC Split juga dipergunakan untuk memutuskan arus listrik pada saat dilakukan pembersihan (Steam) AC atau untuk keperluan servis lainnya.

Dalam pemasangan sebuah MCB pada instalsi unit AC usahakan letaknya tidak terlalu jauh dari unit indoor. Ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan pada saat dilakukan servis.

Faktor Estetika

Faktor estetika yaitu bahwa dalam menentukan letak pemasangan MCB harus diperhatikan apakah letaknya mengganggu pemandangan atau tidak. Penempatan unit indoor yang sudah rapi, jangan sampai dibuat semrawut dengan pemasangan MCB yang salah tempat.

Secara umum, letak pemasangan MCB dalam instalasi AC Split yaitu di sebelah kiri atau kanan unit indoor. Letak seperti ini membuat MCB lebih mudah dijangkau oleh teknisi. Pemasangan pada samping unit indoor juga lebih aman dari tetesan air jika terjadi pengembunan pada unit indoor dan juga aman pada saat dilakukan proses Steam AC. Selain itu, pemasangan pada posisi ini memudahkan kita untuk melihat posisi MCB apakah ON atau OFF.

Posisi letak tempat kedudukan penempatan MCB untuk AC Split

Meletakkan MCB pada sisi kanan atau kiri mempunyai nilai kurang pada estetika. Pemasangan MCB pada bagian atas unit indoor akan terlihat lebih rapi tetapi akan mengganggu pada saat proses Steam AC. Oleh karena itu, dalam pemasangan MCB pada unit AC Split sebaiknya ditanyakan dahulu kepada konsumen. Setiap konsumen mempunyai perbedaan. Ada yang menginginkan letak MCB pada posisi yang mudah terlihat dan ada pula yang mengharapkan posisi MCB tidak terlihat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel