-->

Cara Membersihkan AC Split

 

Unit AC perlu dijaga kebersihannya agar kualitas udara dan keawetan unit AC tersebut lebih terjamin. Bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan kebersihannya? Berikut akan dijelaskan bagian penting yang harus dijaga kebersihannya dan mengapa harus harus dilakukan pembersihan.

Kebersihan sebuah unit pendingin udara atau disebut juga unit AC, sangat mempengaruhi kualitas udara yang dihirup oleh penghuninya. Jika udara yang dihirup merupakan udara yang bersih dan sehat, maka secara otomatis akan membuat sistem pernafasan secara khususnya menjadi lebih sehat. Unit AC yang tidak dibersihkan secara berkala akan menyebabkan kotoran yang terdapat pada filter udara ataupun bilah ventilasi unit AC akan menumpuk sehingga kutu, jamur, dan bakteri akan berkembang dengan baik.

Selain menjadi tempat berkembangnya kuman, kotoran tersebut juga akan membuat kinerja unit AC menjadi lebih berat dan menyebabkan daya peningkatan daya listrik yang dipakai.  Berikut cara membersihkan unit AC agar udara menjadi lebih sehat, unit AC lebih awet, dan tagihan listrik tidak membengkak.

Cara Membersihkan Unit AC Split

Unit AC yang sudah harus dibersihkan dapat dilihat secara kasat mata dengan adanya tumpukan debu yang berada pada bagian filter. Selain itu, bau yang keluar dari unit AC akan berasa kurang sedap. Dengan demikian, unit AC harus dibersihkan walaupun masih bisa membuat ruangan menjadi sejuk.

1. Matikan unit AC dan lepaskan sumber listriknya agar proses pengerjaan aman.

2. Buka dan lepaskan penutup unit AC. Cuci penutup unit AC dengan disemprot air atau dengan lap.

3. Lepaskan filter udara kemudian cuci menggunakan air.

4. Bersihkan bagian lainnya yang tidak bisa dilepas menggunakan lap atau penyedot debu.

5. Pasang kembali bagian yang dilepas tetapi harus dipastikan bahwa bagian tersebut sudah benar-benar kering.

6. Sumber listrik dihubungkan kembali kemudian coba hidupkan unit AC.

Proses pembersihkan unit AC split yang dijelaskan di atas merupakan pembersihan unitindoor yaitu bagian AC yang berada di dalam ruangan tanpa menggunakan peralatan khusus. Pembersihan dapat dilakukan sendiri dengan jangka waktu satu bulan sekali atau tiga bulan sekali tergantung dari keadaan unit AC itu sendiri.

Sementara untuk membersihkan bagian pipa yang terdapat siripnya, harus menggunakan alat khusus berupa penyemprot air (steam). Hal yang sama juga menggunakan alat steam untuk membersihkan unit outdoor yang berada di luar ruangan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel