-->

Jenis, Fungsi, Tipe, Definisi Gudang Adalah

Gudang merupakan salah satu komponen yang menunjang dari sebuah sistem pemasokan barang. Sistem pemasokan barang atau juga disebut dengan rantai pasok yang terdapat beberapa kegiatan antara lain produksi, distribusi barang, penanganan bahan baku, penyimpanan sparepart dan barang dalam sebuah sistem proses produksi suatu barang.

Gudang (warehouse) adalah suatu tempat penerimaan, penyimpanan persediaan barang, penyimpanan sparepart, material dan barang yang akan dipakai untuk kebutuhan produksi.

Jenis Jenis Gudang

1. Gudang Operasional

Gudang operasional adalah gudang yang digunakan untuk penyimpanan bahan baku (raw material) dan suku cadang (sparepart) yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.

2. Gudang Perlengkapan

Gudang perlengkapan adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan yang digunakan dalam proses produksi. Jadi gudang perlengkapan berfungsi untuk memperlancar proses produksi dan biasanya terletak di dekat dengan line produksi.

3. Gudang Pemberangkatan

Gudang pemberangkatan adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan barang hasil produksi atau barang yang sudah jadi (finished goods). Barang yang berada pada gudang pemberangkatan ini berikutnya akan dikirimkeluar untuk proses distribusi barang. Gudang pemberangkatan juga disebut dengan gudang barang jadi atau finished goods.

4. Gudang Musiman

Gudang musiman adalah gudang untuk keperluan tertentu atau juga untuk cadangan jika gudang lainnya penuh. Gudang musiman ini biasanya hanya gudang sewa untuk waktu tertentu dan bukan milik pabrik.

Fungsi Gudang

Fungsi gudang secara garis besar dapat dikategorikan menjadi tiga fungsi utama yaitu:

a. Fungsi Penyimpanan

Fungsi gudang yang paling utama adalah fungsi sebagai tempat penyimpanan barang baik itu barang mentah, barang setengah jadi, ataupun barang jadi. Penyimpanan barang harus menggunakan managemen yang baik agar barang tetap terjadi dalam kurun waktu tertentu.

b. Fungsi Melayani Permintaan

Fungsi gudang sebagai tempat pelayanan permintaan dari cabang atau dari pelanggan. Fungsi gudang disini untuk memastikan barang yang terdapat di gudang dijamin ketersediaannya sehingga dapat melayani semua permintaan barang.

c. Fungsi Distribusi

Fungsi gudang sebagai tempat distribusi yaitu menjadikan gudang sebagai perpanjangan tangan dari penjualan dan pemasaran untuk memastikan penyampaian barang ataupun informasi jumlah barang kepada pelanggan.

Tipe Gudang

Gudang memiliki peran yang sangat penting pada sebuah sistem penyediaan barang. Tipe gudang terdapat bermacam-macam, diantaranya adalah:

Ø Gudang Pabrik

Sirkulasi barang pada gudang tipe ini meliputi penerimaan dan penyimpanan barang, pengambilan barang, dan pengiriman barang jadi ke gudang utama atau pengiriman langsung ke pelanggan.

Ø Gudang Utama

Kegiatan yang dilakukan pada gudang utama antara lain penerimaan barang jadi baik itu dari gudang pabrik, ataupun dari supplier. Selin itu juga digunakan untuk penyimpanan barang jadi dan juga pengiriman barang ke gudang distribusi.

Ø Gudang Distribusi

Kegiatan yang dilakukan pada sebuah gudang distribusi antara lain penerimaan barang jadi baik itu dari gudang utama, gudang pabrik atau dari supplier. Persiapan dan pengambilan barang juga dilakukan di gudang ini yang akan dikirim ke pelanggan.

Ø Gudang Retail

Gudang retail merupakan gudang tetapi juga mempunyai tempat penjualan barang langsung ke konsumen. Jadi gudang ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai tempat penyimpanan dan juga sebagai tempat penjualan barang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel