-->

AC Tidak Dingin Hanya Angin Saja. Ini penyebabnya

 

AC (Air Conditioner) merupakan perlatan listrik yang digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan, baik itu ruang tidur, ruang tamu, ataupun ruang khusus untuk menyimpan barang tertentu. AC sangat diperlukan bagi orang yang tinggal yang mempunyai iklim panas, atau daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia pada saat musim kemarau.

Penyebab AC Tidak Dingin

Kebutuhan udara yang sejuk sangat diperlukan pada kondisi udara yang panas agar ruangan menjadi nyaman. Tetapi peralatan listrik sering terjadi masalah, terutama perangkat AC. Pada saat menghidupkan AC tetapi suhu udara tidak bisa dingin dan hanya angin saja yang keluar dari unit indoor tentu sangat tidak nyaman. Berikut beberapa penyebab kejadian tersebut.

Freon Kurang atau Habis

Freon atau dalam bahasa teknik bernama Refrigerant sangat berperan penting dalam menghasilkan udara dingin. Refrigerant yang diisikan ke dalam sistem pendingin harus dengan takaran yang sesuai dengan kapasitas mesin pendingin (AC). Isi refrigerant dalam sistem AC dapat berkurang atau habis karena sistem AC menggunakan sambungan tipe Flare Nut dan sangat mungkin terjadi kebocoran. Berbeda dengan refrigerant pada kulkas tidak akan habis karena sambungan menggunakan las.

Kompresor Rusak/Mati

Kompresor merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan freon (refrigerant) dalam sistem pemipaan. Panas dari dalam ruangan akan dibuang ke luar ruangan melalui refrigerant yang disirkulasikan tersebut. Jika kompresor mati, maka refrigerant tidak akan dapat bersirkulasi dan tidak dapat mendinginkan ruangan.

Kondensor Kotor

Kondensor berfungsi untuk membuang panas ke luar ruangan. Kondensor terletak di bagian outdoor unit yaitu bagian AC yang berada di luar ruangan. Pada saat beroperasi mendinginkan ruangan, kondensor akan mengeluarkan panas yang telah diambil dari dalam ruangan. Jika kondensor kotor, maka proses mengeluarkan (perpindahan) panas dari kondensor ke udara luar akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan kondensor bekerja kurang maksimal. Ini akan berakibat proses mendinginkan ruangan juga akan lebih lama.

Kipas Kondensor Mati

Untuk membantu mengeluarkan panas di dalam kondensor ke udara luar, kondensor dilengkapi dengan kipas. Kipas ini berfungsi untuk mensirkulasikan udara di sekitar kondensor agar panas dari kondensor lebih cepat terbuang ke udara luar. Jika kipas kondensor lemah/mati, maka proses pembuangan panas pada kondensor akan terganggu. Ini akan berakibat proses mendinginkan ruangan juga akan lebih lama.

Luas Ruangan Tidak Sesuai

Sebuah unit AC dirancang dengan kapasitas pendinginan yang berbeda-beda. Pada saat memilih AC harus mempertimbangkan luas ruangan yang akan didinginkan. Jika luas ruangan tidak sesuai (terlalu besar) dari kekuatan unit AC untuk mendinginkan ruangan, maka ruangan tidak akan pernah dingin walaupun unit AC selalu dalam kondisi hidup.

Filter Udara Kotor

Unit AC dilengkapi dengan filter udara pada bagian indoor (bagian dalam ruangan). Filter ini berfungsi untuk menyaring partikel debu/kotoran yang terbawa oleh udara masuk ke dalam unit indoor. Dengan adanya filter tersebut, maka udara yang keluar dari unit indoor akan lebih bersih. Dalam penggunaan unit AC dalam waktu tertentu, akan menyebabkan debu/kotoran akan menumpuk pada bagian filter. Jika kotoran cukup banyak, maka akan menyebabkan aliran udara pada indoor unit menjadi terganggu. Hal ini akan menyebabkan pendinginan udara pada ruangan akan terganggu. Bersihkan filter dari kotoran yang menempel. Baca artikel Servis Kecil ACSplit.

Kondisi Ruangan Panas

Kondisi ruangan juga mempengaruhi kinerja dari mesin pendingin AC. Jika di suatu ruangan banyak terdapat sumber panas, maka dipastikan akan lebih sulit mendinginkan ruangan tersebut. Sumber panas ini bisa berasal dari paparan sinar matahari, peralatan listrik yang menimbulkan panas, banyaknya orang di dalam ruangan, dan juga aktivitas orang yang berada di dalam ruangan.

Pengaturan Remot Salah

Banyak konsumen komplain dikaranakan unit AC yang dipasang tidak dapat mendinginkan ruangan padahal hanya terjadi kesalahan dalam pengaturan remot. Pengaturan remot ini harus disesuaikan dengan kondisi ruangan yang diinginkan. Unit AC akan mendinginkan ruangan jika pengaturan remot pada mode COOL. Untuk lebih jelasnya, baca artikel Penggunaan Remot AC.

Banyak Ruang Terbuka

Unit AC didesain untuk mendinginkan ruangan dalam kondisi tertutup. Jika banyak terdapat ruang terbuka baik itu pintu, jendela, ataupun ventilasi udara akan mempengaruhi kinerja unit AC dalam mendinginkan ruangan. Sebisa mungkin ruangan yang dipasang unit AC dalam kondisi tertutup sehingga proses pendinginan udara bisa maksimal.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel