-->

Lama Waktu Proses Defrost Pencairan Es

 

Proses defrost adalah suatu proses pencairan gumpalan es di sekitar evaporator. Proses pencairan gumpalan es pada evaporator ini dibantu oleh elemen pemanas agar proses pencairan menjadi lebih cepat. Elemen pemanas akan dihidupkan pada waktu proses defrost berlangsung sehingga panas yang dihasilkan akan menyebar ke sekitar evaporator. Sedangkan kompresor akan dihentikan kerjanya selama proses defrost.

Agar panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas tidak menyebar ke seluruh ruang, maka kipas evaporator harus dihentikan. Hal ini dimaksudkan agar panas yang dihasilkan tidak disirkulasikan ke seluruh ruang. Karena jika panas ini disirkulasikan, maka bahan makanan yang berada di dalam ruang akan meningkat suhunya sehingga kesegaran dan keawetan bahan makanan akan berkurang bahkah bisa rusak.

Proses defrost membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga seluruh gumpalan es pada evaporator dapat cair dengan sempurna. Proses defrost ini dikendalikan oleh komponen bernama Defrost Timer. Lama waktu proses defrost ini sudah ditentukan oleh pembuatnya (pabriknya) sehingga kita tidak dapat merubahnya. Terkecuali pada sistem pendingin yang besar dengan menggunakan Defrost Timer yang bisa disesuaikan lama waktu proses dan siklus defrostnya. Sedangkan pada sistem refrigerasi domestik (kulkas), baik itu waktu siklus defrost dan lama proses defrost tidak dapat diubah.

Lama waktu proses defrost ini berkisar sekitar 20 menit. Ini bisa dilihat dari keterangan yang terdapat pada Defrost Timer. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar Defrost Timer di bawah.

 

Times to Defrost

Pada gambar Defrost Timer terdapat keterangan 6H 21m. Berikut penjelasannya.

6H  :   yaitu waktu yang dibutuhkan dalam satu kali siklus defrost. Jadi jika proses defrost sudah selesai, maka proses defrost berikutnya akan mulai lagi dalam waktu 14 jam.

21m  :   yaitu waktu yang dibutuhkan selama proses defrost berlangsung. Jadi jika sudah tiba waktu defrost, maka proses defrost itu akan berlangsung selama 21 menit.

Waktu proses defrost yang tertera pada keterangan tersebut merupakan waktu minimum atau waktu tercepat. Pada kenyataannya, proses defrost dapat berlangsung lebih dari 21 menit tergantung dari banyaknya gumpalan es pada evaporator. Hal ini dikarenakan proses defrost juga dikendalikan oleh sebuah sensor suhu (Defrost Thermostat) yang terdapat pada evaporator. Walaupun waktu defrost selama 21 menit sudah selesai tetapi suhu di evaporator masih rendah, maka proses defrost masih akan berlangsung. Suhu rendah ini berasal dari sisa bunga es yang ada di evaporator. Walaupun waktu defrost sudah selesai tetapi proses defrost masih berlanjut, dapat dipastikan bahwa gumpalan es pada evaporator belum cair secara sempurna.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel